PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA EKSISTENSI PERUSAHAAN BERBASIS AGROWISATA

  • TA Mahasiswa
  • Nufus Dwi Azriainy Puteri
  • 2402709024

Abstrak

Sebagai usaha agro yang baru berdiri yaitu pada April 2015 KJS dihadapkan pada tantangan untuk dapat bersaing dengan usaha agro lainnya yang sudah lebih dahulu berkembang. Penelitian ini bertujuan mendapatkan pemahaman tentang peranan PR dalam menjaga eksistensinya di tengah persaingan yang kompetitif. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil perusahaan KJS, menganalisis posisi PR dalam struktur organisasi KJS, mengidentifikasi kegiatankegiatan internal dan eksternal yang dilakukan oleh PR KJS, menganalisis pengaruh dari kegiatan internal dan eksternal yang dilakukan oleh PR pada perusahaan akan mempengaruhi keberlanjutan perusahaan. Mengacu pada kerangka teoritis dan konseptual, penelitian ini menerapkan teori manajemen hubungan. Semua asumsi yang terdapat didalam teori tersebut saling berkaitan dalam mencari pengaruh peran public relations dengan keeksistensian suatu perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Data Data kualitatif diperoleh dengan wawancara mendalam dengan pihak PR perusahaan, manajemen perusahaan, PR perusahaan dan beberapa orang pengunjung dengan menggunakan panduan pertanyaan. Panduan pertanyaan ini bersifat fleksibel (luwes), bisa berkembang sesuai keadaan di lapang. Peranan Public Relations (PR) Kebun Jeruk Selecta (KJS) secara keseluruhan, baik sebagai perencana, pengawas, pengorganisasi dan pelaksana dapat mempertahankan eksistensi perusahaan. Eksistensi perusahaan ini ditunjukkan dengan produktivitas perusahaan yang semakin meningkat, terciptanya kepercayaan publik dan terwujudnya tanggung jawab sosial perusahaan. Produktivitas perusahaan meningkat ditunjukkan dengan kemampuan perusahaan untuk menambah fasilitas, keuntungan, pelayanan dan target pengunjung selalu dapat terpenuhi. Kata Kunci : Peran Public Relations, KJS, Manajemen, Agrowisata

Lihat Dokumen