PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA EKSISTENSI PERUSAHAAN BERBASIS AGROWISATA
- TA Mahasiswa
- Nufus Dwi Azriainy Puteri
- 2402709024
Abstrak
Sebagai usaha agro yang baru berdiri yaitu pada April 2015 KJS dihadapkan pada tantangan
untuk dapat bersaing dengan usaha agro lainnya yang sudah lebih dahulu berkembang. Penelitian ini
bertujuan mendapatkan pemahaman tentang peranan PR dalam menjaga eksistensinya di tengah
persaingan yang kompetitif. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil
perusahaan KJS, menganalisis posisi PR dalam struktur organisasi KJS, mengidentifikasi kegiatankegiatan internal dan eksternal yang dilakukan oleh PR KJS, menganalisis pengaruh dari kegiatan
internal dan eksternal yang dilakukan oleh PR pada perusahaan akan mempengaruhi keberlanjutan
perusahaan.
Mengacu pada kerangka teoritis dan konseptual, penelitian ini menerapkan teori manajemen
hubungan. Semua asumsi yang terdapat didalam teori tersebut saling berkaitan dalam mencari
pengaruh peran public relations dengan keeksistensian suatu perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan
dengan menggunakan metode kualitatif. Data Data kualitatif diperoleh dengan wawancara mendalam
dengan pihak PR perusahaan, manajemen perusahaan, PR perusahaan dan beberapa orang
pengunjung dengan menggunakan panduan pertanyaan. Panduan pertanyaan ini bersifat fleksibel
(luwes), bisa berkembang sesuai keadaan di lapang.
Peranan Public Relations (PR) Kebun Jeruk Selecta (KJS) secara keseluruhan, baik sebagai
perencana, pengawas, pengorganisasi dan pelaksana dapat mempertahankan eksistensi perusahaan.
Eksistensi perusahaan ini ditunjukkan dengan produktivitas perusahaan yang semakin meningkat,
terciptanya kepercayaan publik dan terwujudnya tanggung jawab sosial perusahaan. Produktivitas
perusahaan meningkat ditunjukkan dengan kemampuan perusahaan untuk menambah fasilitas,
keuntungan, pelayanan dan target pengunjung selalu dapat terpenuhi.
Kata Kunci : Peran Public Relations, KJS, Manajemen, Agrowisata
Lihat Dokumen