MAKNA PERAN SALES PROMOTION GIRL (SPG)

  • TA Mahasiswa
  • Vindhi Nur Saptianthi
  • 24071315141

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya citra yang kurang baik tentang profesi SPG di masyarakat. Citra yang kurang baik ini diduga disebabkan oleh adanya aspek-aspek pribadi dan rekrutmen SPG oleh perusahaan yang kurang efektif dalam menerapkan strategi promosi dan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis makna peran mahasiswi sebagai Sales Promotion Girl (SPG) rokok di PT Djarum Indonesia Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Edmund Husserl dan Alfred Schutz, yaitu studi yang mengkaji tentang memahami tindakan sosial melalui penafsiran dan cara orang memahami kesadaran orang lain, akan tetapi dia hidup dalam aliran kesadaran diri sendiri. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dapat mengungkap tentang motif, makna, dan pengalaman mahasiswi yang menjadi SPG rokok di PT Djarum Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan nonpartisipan, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah koordinator SPG pada PT Djarum Indonesia Wilayah Garut, agensi SPG, dan lima orang SPG dengan menggunakan pursposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa mahasiswi yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG) rokok di PT Djarum Indonesia Kabupaten Garut memiliki motif yang dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu motif “untuk” dan motif “karena” sebagaimana konsep Schutz dan Husserl, diantaranya untuk mencari uang dan penghasilan sendiri untuk memenuhi biaya hidup dan biaya kuliah sebelum mendapatkan pekerjaan tetap yang lebih baik; serta karena ajakan dan informasi teman tentang lowongan kerja jadi SPG rokok Djarum di media sosial. Kesimpulan lain adalah, bahwa mahasiswi yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG) rokok di PT Djarum Indonesia Kabupaten Garut memaknai pekerjaannya dari berbagai sisi, diantaranya: profesionalisme sikap dan perilaku harus diutamakan, baik saat menjadi SPG rokok maupun saat mengikuti kuliah sebagai mahasiswi. Selain tiu, disimplkan, bahwa mahasiswi yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG) rokok di PT Djarum Indonesia Kabupaten Garut mendapatkan sejumlah pengalaman berharga, baik suka maupun duka, diantaranya: pengalaman tentang arti sebuah pertemanan yang memberitahukan, menawarkan, dan mengajak mengisi lowongan kerja jadi SPG rokok Djarum. Kata Kunci: Fenomenologi, Makna Peran, Motif, SPG, PT Djarum

Lihat Dokumen