MAKNA PERAN SALES PROMOTION GIRL (SPG)
- TA Mahasiswa
- Vindhi Nur Saptianthi
- 24071315141
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya citra yang kurang baik tentang
profesi SPG di masyarakat. Citra yang kurang baik ini diduga disebabkan
oleh adanya aspek-aspek pribadi dan rekrutmen SPG oleh perusahaan yang
kurang efektif dalam menerapkan strategi promosi dan komunikasi antara
perusahaan dengan konsumen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis makna peran mahasiswi sebagai Sales
Promotion Girl (SPG) rokok di PT Djarum Indonesia Kabupaten Garut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Edmund Husserl dan Alfred
Schutz, yaitu studi yang mengkaji tentang memahami tindakan sosial
melalui penafsiran dan cara orang memahami kesadaran orang lain, akan
tetapi dia hidup dalam aliran kesadaran diri sendiri. Dengan pendekatan
kualitatif, penelitian ini dapat mengungkap tentang motif, makna, dan
pengalaman mahasiswi yang menjadi SPG rokok di PT Djarum Indonesia.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah
pengamatan nonpartisipan, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan
dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah koordinator SPG
pada PT Djarum Indonesia Wilayah Garut, agensi SPG, dan lima orang SPG
dengan menggunakan pursposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan,
bahwa mahasiswi yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG) rokok di
PT Djarum Indonesia Kabupaten Garut memiliki motif yang dapat
dikategorikan menjadi dua, yaitu motif “untuk†dan motif “karenaâ€
sebagaimana konsep Schutz dan Husserl, diantaranya untuk mencari uang
dan penghasilan sendiri untuk memenuhi biaya hidup dan biaya kuliah
sebelum mendapatkan pekerjaan tetap yang lebih baik; serta karena ajakan
dan informasi teman tentang lowongan kerja jadi SPG rokok Djarum di
media sosial. Kesimpulan lain adalah, bahwa mahasiswi yang bekerja
sebagai Sales Promotion Girl (SPG) rokok di PT Djarum Indonesia
Kabupaten Garut memaknai pekerjaannya dari berbagai sisi, diantaranya:
profesionalisme sikap dan perilaku harus diutamakan, baik saat menjadi SPG
rokok maupun saat mengikuti kuliah sebagai mahasiswi. Selain tiu,
disimplkan, bahwa mahasiswi yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl
(SPG) rokok di PT Djarum Indonesia Kabupaten Garut mendapatkan
sejumlah pengalaman berharga, baik suka maupun duka, diantaranya:
pengalaman tentang arti sebuah pertemanan yang memberitahukan,
menawarkan, dan mengajak mengisi lowongan kerja jadi SPG rokok
Djarum.
Kata Kunci: Fenomenologi, Makna Peran, Motif, SPG, PT Djarum
Lihat Dokumen