STRATEGI HUMAS ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

  • TA Mahasiswa
  • Astry Ramadhantie
  • 24071115004

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan program, pelaksanaan komunikasi dan evaluasi program yang dilakukan humas online dalam menyebarkan informasi administrasi kependudukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan adalah strategi humas yang terdiri dari perencanaan program, pelaksanaan komunikasi dan evaluasi program. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Peneliti mengambil empat informan yaitu pegawai Seksi Inovasi Pelayanan Disdukcapil yang bertindak sebagai humas online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program yang dilakukan humas online sudah meliputi semua tahapan perencanaan yang meliputi analisis situasi, penetapan tujuan, penentuan khalayak, pemilihan media dan penentuan anggaran. Dalam pelaksanaan komunikasi, sosialisasi administrasi kependudukan dilaksanakan secara sistematis mulai dari penentuan komunikator, merencanakan pesan yang akan disampaikan sampai dengan pengaturan tampilan dalam media. Dari hasil evaluasi didapatkan respon masyarakat cukup baik terlihat dari terjadinya peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan perekaman KTPel di tiap kecamatan, sampai akhir Desember 2019 tercatat 2.857 orang masyarakat yang sudah melakukan perekaman data KTP-el. Kata Kunci: Administrasi Kependudukan, Humas Online, Informasi, Pelayanan, Strategi

Lihat Dokumen