MAKNA HIDUP IBU DARI ANAK DISABILITAS
- TA Mahasiswa
- Asri Nurwahyuni
- 24077115057
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena sosial orangtua yang memiliki anak
disabilitas, terutama ibu sebagai sosok yang memiliki banyak waktu dengan anak
dibandingkan ayah. Memiliki anak dengan disabilitas tentu tidak mudah perasaan malu,
menutup diri yang dirasakan oleh seorang ibu. Padahal potensi anak-anak disabilitas perlu
dikembangkan tentunya dibutuhkan seseorang yang menjadi semangat bagi mereka dengan
kehadiran ibu. Peran ibu sangatlah penting dalam kehidupan sosial anak disabilitas tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan dan menjelaskan makna hidup ibu dari
anak disabilitas dari segi nilai-nilai kreatif, nilai-nilai penghayatan, serta nilai-nilai bersikap.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Fenomenologi Viktor E. Frankl yang
dikenal sebagai fenomenologi penderitaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian Fenomenologi dan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Informan
dalam penelitian ini berjumlah 5 informan dan 2 orang narasumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna hidup ibu ditinjau dari segi nilai-nilai kreatif
yang didapatkan yaitu pada kegiatan berbagi dengan kelompok, berinteraksi dengan anak
disabilitas dan bertindak positif. Nilai-nilai penghayatan yang didapatkan lebih kepada
penerimaan diri, motivasi dari lingungan, anak sebagai titipan dan amanah, bersikap terbuka
dan prasangka baik atas apa yang dialami. Nilai-nilai bersikap yaitu lebih kepada sikap yang
harus dia lakukan dalam menghadapi segala situasi
Kata Kunci: Anak disabilitas, Fenomenologi, Ibu, Makna Hidup, Nilai-nilai Kreatif, Nilainilai Penghayatan, Nilai-nilai Bersikap, Viktor E. Frankl
Lihat Dokumen