MAKNA HIDUP IBU DARI ANAK DISABILITAS

  • TA Mahasiswa
  • Asri Nurwahyuni
  • 24077115057

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena sosial orangtua yang memiliki anak disabilitas, terutama ibu sebagai sosok yang memiliki banyak waktu dengan anak dibandingkan ayah. Memiliki anak dengan disabilitas tentu tidak mudah perasaan malu, menutup diri yang dirasakan oleh seorang ibu. Padahal potensi anak-anak disabilitas perlu dikembangkan tentunya dibutuhkan seseorang yang menjadi semangat bagi mereka dengan kehadiran ibu. Peran ibu sangatlah penting dalam kehidupan sosial anak disabilitas tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan dan menjelaskan makna hidup ibu dari anak disabilitas dari segi nilai-nilai kreatif, nilai-nilai penghayatan, serta nilai-nilai bersikap. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Fenomenologi Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai fenomenologi penderitaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Fenomenologi dan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 informan dan 2 orang narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna hidup ibu ditinjau dari segi nilai-nilai kreatif yang didapatkan yaitu pada kegiatan berbagi dengan kelompok, berinteraksi dengan anak disabilitas dan bertindak positif. Nilai-nilai penghayatan yang didapatkan lebih kepada penerimaan diri, motivasi dari lingungan, anak sebagai titipan dan amanah, bersikap terbuka dan prasangka baik atas apa yang dialami. Nilai-nilai bersikap yaitu lebih kepada sikap yang harus dia lakukan dalam menghadapi segala situasi Kata Kunci: Anak disabilitas, Fenomenologi, Ibu, Makna Hidup, Nilai-nilai Kreatif, Nilainilai Penghayatan, Nilai-nilai Bersikap, Viktor E. Frankl

Lihat Dokumen