KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DRIVER GO-JEK DI GARUT
- TA Mahasiswa
- Nuru Rahmi Diarti Dinar
- 2402714043
Abstrak
Penelitian dilatar belakangi dengan maraknya fenomena tentang GO-JEK di Garut. Adapun
tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi driver GO-JEK dengan
customer di Garut dan untuk mengetahuai bagaimana komunikasi antarpribadinya peneliti
menggunakan lima sikap positif yang mendukung terjalinnya komunikasi antarpribadi yang efektif
yaitu keterbukaan (openness) empati (emphathy) sikap mendukung (supportiveness), sikap positif
(positivinness) dan kesetaraan (equality) pada komunikasi antarpribadi driver GO-JEK dengan
customer di Garut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti
mengambil enam informan yang merupakan driver GO-JEK dan telah memenuhi kriteria untuk
menjadi informan kunci. Selanjutnya, informan dijadikan sebagai subjek penelitina serta sebagai suber
data dari sejumlah pertanyaan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterbukaan pada komunikasi antarpribadi driver GOJEK dengan customer yaitu seorang driver mampu mengawali dalam berkomunikasi dengan
menanyakan akan pergi kemana kepada customer. Adanya empati dari driver kepada customer
ditunjukan dengan ikut merasakan apa yang customer rasakan ketika ada customer yang melakukan
kegiatan komunikasi. Adanya sikap mendukung dari driver kepada customer dengan menjadi
pendengar yang baik merupakan suatu bentuk supportiveness dalam bromunikasi. Adanya sikap positif
driver kepada customer, di mana driver tidak akan berpikiran negatif tentang diri customer agar
terjalinnya komunikasi antarpribadi yang efektif. Dan adanya kesetaraan antara driver dengan
customer dengan sikap driver tidak membedakan customer satu dengan yang lain dalam melakukan
untuk menciptakan komunikasi antarpribadi yang efektif.
Kata kunci : GO-JEK, Komunikasi Antarpribadi, Driver, Customer
Lihat Dokumen