PENGGUNAAN JOKES RECEH SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI ERA MILENIALS PADA FANSPAGE FACEBOOK TIRTO.ID
- TA Mahasiswa
- Yopi Muhammad
- 24071115059
Abstrak
Penelitian ini berjudul penggunaan jokes receh sebagai media komunikasi di era
milenials pada facebook fanspage tirto.id, Studi Deskriftif Kualitatif Tentang Penggunaan
Humor Pada Situs Berita Tirto.Id.
Penelitian ini dilatarbelakangi melihat fenomena meme atau jokes receh di media sosial,
lalu tirto.id mengambil meme dan jokes receh yang dikemas dengan infografis yang menarik
sebagai media komunikasi dengan audiensnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan bagaimana penggunaan jokes receh sebagai media komunikasi pada facebook
fanspage tirto.id.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dan teori yang
digunakan yaitu teori interaksi simbolik Herbert untuk menganalisis penggunaan jokes receh
sebagai media komunikasi di era milenials pada facebook fanspage tirto.id
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi
dokumentasi dan internet, adapun subjek pada penelitian ini adalah tirto.id serta pengambilan
informan menggunakan purposive sampling dengan lima informan dan satu narasumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa makna dari penggunaan jokes receh bagi mereka
yaitu sebagai sarana hiburan dan pelepas penat serta bacaan menjadi tidak membosankan.
Bahasa dan simbol dalam penggunaan jokes receh biasanya menggunakan bahasa yang tidak
baku dan kekinian, simbol yang digunakan berkesan absurd ditambahkan teks untuk mudah
dipahami. Kemudian, interaksi yang terjadi berupa like, reaction, komentar, tetapi komentar yang
diberikan biasanya jokes lagi, yang berupa gambar ataupun tulisan, dari interaksi inilah
menimbulkan makna bagi setiap individu.
Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Jokes Receh, Media Komunikasi, Tirto.Id
Lihat Dokumen