PENGARUH TERPAAN IKLAN E-COMMERCE SHOPEE VERSI PRILLY MAXIME SHARK DI TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS PADA MAHASISWA
- TA Mahasiswa
- Dewi Yuliana
- 2402714066
Abstrak
Seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, kini telah banyak bermunculan berbagai bentuk
usaha atau bisnis yang berbasis online, yang pada kegiatannya dengan memanfaatkan media internet, atau
dikenal dengan istilah e-commerce. Di Indonesia saat ini e-commerce terlihat semakin bersaing serta
gencarnya berlomba dalam beriklan, salah satunya adalah Shopee. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan e-commerce shopee di televisi terhadap brand awareness pada
mahasiswa Fikom Uniga.
Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam
penelitin ini adalah mahasiswa Fikom Uniga angkatan 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang
menggunakan teknik Purposive Sampling, serta pengumpulan data dengan menggunakan Kuesioner.
Hasil penelitian pada uji F-Test menunjukan nilai signifikansi = 0.000, karena nilai sig lebih kecil dari
pada alpha yaitu 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan
antara terpaan iklan e-commerce Shopee di televisi terhadap brand awareness pada mahasiswa. Sedangkan
secara parsial hanya variabel Intensitas Menonton yang berpengaruh positif dan signifikan. Adapun besarnya
pengaruh terpaan iklan e-commerce shopee di televisi terhadap brand awareness pada mahasiswa adalah
dengan melihat nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 20,1% dan sisanya 79,9% dipengaruhi oleh
variabel lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci : Terpaan Iklan, E-Commerce, Brand Awareness
Lihat Dokumen