PENGARUH TERPAAN IKLAN E-COMMERCE SHOPEE VERSI PRILLY MAXIME SHARK DI TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS PADA MAHASISWA

  • TA Mahasiswa
  • Dewi Yuliana
  • 2402714066

Abstrak

Seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, kini telah banyak bermunculan berbagai bentuk usaha atau bisnis yang berbasis online, yang pada kegiatannya dengan memanfaatkan media internet, atau dikenal dengan istilah e-commerce. Di Indonesia saat ini e-commerce terlihat semakin bersaing serta gencarnya berlomba dalam beriklan, salah satunya adalah Shopee. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan e-commerce shopee di televisi terhadap brand awareness pada mahasiswa Fikom Uniga. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitin ini adalah mahasiswa Fikom Uniga angkatan 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang menggunakan teknik Purposive Sampling, serta pengumpulan data dengan menggunakan Kuesioner. Hasil penelitian pada uji F-Test menunjukan nilai signifikansi = 0.000, karena nilai sig lebih kecil dari pada alpha yaitu 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan e-commerce Shopee di televisi terhadap brand awareness pada mahasiswa. Sedangkan secara parsial hanya variabel Intensitas Menonton yang berpengaruh positif dan signifikan. Adapun besarnya pengaruh terpaan iklan e-commerce shopee di televisi terhadap brand awareness pada mahasiswa adalah dengan melihat nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 20,1% dan sisanya 79,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci : Terpaan Iklan, E-Commerce, Brand Awareness

Lihat Dokumen