YOUTUBE SEBAGAI MEDIA INFORMASI KECANTIKAN GENERASI MILLENIAL
- TA Mahasiswa
- Ayudithia Arfinsya Yuniar
- 24077115099
Abstrak
Penelitian ini di latarbelakangi oleh maraknya para remaja yang semakin
megandalkan internet, salah satunya adalah media social yang kali ini banyak diakses
oleh perempuan generasi millennial yaitu Youtube. Masing-masing channel Youtube
beauty vlogger menginformasikan bagaimana tutorial make-up untuk sehari-hari atau
untuk acara tertentu dan juga bagaimana cara merawat kulit wajah. Youtube dijadikan
sumber informasi karena tampilan Youtube yang berupa audio visual yang
memudahkan para individu yang mengaksesnya mudah menirukannya. Tujuan skripsi
ini untuk menemukan temuan-temuan baru mengenai (1) Motif (2) Pengalaman dan
(3)Makna Perempuan Generasi Millennial yang menjadikan Youtube sebagai Media
Informasi Kecantikan. Penelitian ini menggunakan teori Fenomenologi menurut Alfred
Schutz dan Edmund Husserl.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
mendalam, observasi partisipan. Peneliti menetapkan enam objek penelitian untuk
dijadikan sumber data dari sejumlah wawancara yang dilakukan secara purposive
sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motif Untuk perempuan generasi
Millenial menggunakan Youtube Yaitu untuk mencari tutorial make-up untuk
menunjang penampilan, Motif Karena yaitu karena informasi yang didapatkan di
Youtube lebih akurat. Hasil dari temuan pengalaman yaitu para remaja perempuan
dapat membuka lapangan pekerjaan nya sendiri dengan menjadi MUA. Selain itu,
peneliti mendapatkan hasil temuan makna yang dimana youtube sangat membantu para
perempuan untuk menemukan make-up dan skincare yang cocok untuk mereka.
Kata kunci: Beauty Vlogger, Fenomenologi, Generasi Millenial, Kecantikan, Youtube
Lihat Dokumen