PENGARUH KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT EKSPLORATIF KOSMETIK IMPOR MELALUI AKUN TWITTER @WOMANFEEDS

  • TA Mahasiswa
  • Asri Annida Syufi
  • 24077115063

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi electronic word of mouth terhadap kognitif kosmetik impor melalui akun twitter @womanfeeds (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi electronic word of mouth terhadap afektif kosmetik impor melalui akun twitter @womanfeeds. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi electronic word of mouth terhadap konatif kosmetik impor melalui akun twitter @womanfeeds. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu meneliti pengaruh antar variabel dan menguji hipotesis. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah followers yang telah di followback oleh akun twitter @womanfeeds sebanyak 100 orang responden dan teknik sampling yang digunakan adalah sample random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh komunikasi electronic word of mouth terhadap minat eksploratif kosmetik impor di akun twitter @womanfeeds adalah signifikan baik pada aspek kognitif, afektif dan konatif. Maka besar pengaruh komunikasi electronic word of mouth terhadap perubahan kognitif sebesar 37,33%, terhadap afektif sebesar 34,1% dan terhadap konatif sebesar 24,9%. Dilihat dari persentase kognitif yang besar menunjukan pengetahuan dan informasi terhadap komunikasi elecronic word of mouth diketahui oleh kebanyakan followback akun twitter @womanfeeds. Kesimpulan, bahwa komunikasi electronic word of mouth yang menunjukkan segala aktifitas dan menginformasikan segala informasi kosmetik impor dan adanya kecenderungan penilaian responden seperti sebagian besar menerima dan mempercayai informasi kosmetik tersebut. Kata kunci : electronic word of mouth, akun twitter @womanfeeds, minat eksploratif, pengaruh

Lihat Dokumen