PENGARUH KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT EKSPLORATIF KOSMETIK IMPOR MELALUI AKUN TWITTER @WOMANFEEDS
- TA Mahasiswa
- Asri Annida Syufi
- 24077115063
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
komunikasi electronic word of mouth terhadap kognitif kosmetik impor melalui
akun twitter @womanfeeds (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
komunikasi electronic word of mouth terhadap afektif kosmetik impor melalui akun
twitter @womanfeeds. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi
electronic word of mouth terhadap konatif kosmetik impor melalui akun twitter
@womanfeeds.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif yaitu meneliti pengaruh antar variabel dan menguji hipotesis. Teknik
pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian
ini adalah followers yang telah di followback oleh akun twitter @womanfeeds
sebanyak 100 orang responden dan teknik sampling yang digunakan adalah sample
random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh komunikasi electronic word
of mouth terhadap minat eksploratif kosmetik impor di akun twitter @womanfeeds
adalah signifikan baik pada aspek kognitif, afektif dan konatif. Maka besar
pengaruh komunikasi electronic word of mouth terhadap perubahan kognitif
sebesar 37,33%, terhadap afektif sebesar 34,1% dan terhadap konatif sebesar
24,9%. Dilihat dari persentase kognitif yang besar menunjukan pengetahuan dan
informasi terhadap komunikasi elecronic word of mouth diketahui oleh kebanyakan
followback akun twitter @womanfeeds. Kesimpulan, bahwa komunikasi electronic
word of mouth yang menunjukkan segala aktifitas dan menginformasikan segala
informasi kosmetik impor dan adanya kecenderungan penilaian responden seperti
sebagian besar menerima dan mempercayai informasi kosmetik tersebut.
Kata kunci : electronic word of mouth, akun twitter @womanfeeds, minat
eksploratif, pengaruh
Lihat Dokumen