WHATSAPP SEBAGAI SARANA MEDIA KOMUNIKASI DIGITAL DAKWAH” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang WhatsApp Group Akhwat Talks Discussion Sebagai Media Komunikasi Digital Dakwah)

  • TA Mahasiswa
  • Romita Yulia
  • 24071115069

Abstrak

Romita Yulia, 24071115069, judul penelitian ini adalah: Whatsapp Sebagai Sarana Media Komunikasi Digital Dakwah Pada Komunitas Akhwat Talks Discussion. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan teknologi dan fenomena hijrah dikalangan masyarakat terutama kaum wanita yang ingin memperoleh ilmu agama dengan mudah yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja tanpa harus memikirkan kendala yang ada seperti kondisi fisik, cuaca, aktifitas yang padat, lokasi yang jauh dengan mengikuti sebuah kajian melalui metode sharing online. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan mengenai pemilihan dan pemanfaatkan whatsapp group (melalui level ruang media, dokumen media, objek media dan penglaman) dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini yani etnografi virtual untuk melihat budaya yang berkembang dimasyarakat virtual dalam whatsapp group akhwat talks discussion. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi virtual, dengan pedekatan etnografi untuk menjelaskan budaya virtual yang terjadi dalam whatsapp group akhwat talks discussion dalam memperoleh kajian ilmu agama. Adapun paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yakni paradigma konstruktivis guna menjelaskan kebiasan komunitas dalam menggunkan teknologi untuk berkomunikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan partisipan,wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, dengan narasumber berjumlah 3 orang sebagai narasumber triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Hasil peneltian menunjukan bahwa dalam etnografi virtual terdapat: a. Ruang media yaitu pemilihan dan pemnfaatan whatsapp yang dapat diakses dengan mudah sebagai sarana media komunikasi digital dakwah pada komunitas akhwat talks discussion. b. Dokumen media di mana bentuk kajian terekam dan dapat disimpan serta disebarluaskan, selain itu nuasa islami dan kekeluargaan terjalin begit dekat. c. Objek media di mana komunikasi terjalin efektif yang menghasilkan respon positif dan interaksi yang aktif. d. Pengalaman di mana menambah wawasan ilmu, perubahan pola pikir, emosional serta fisik sebagai proses hijrah. Kata Kunci: Etnografi virtual, Etnografi komunikasi digital, whatsapp group akhwat talks discussion

Lihat Dokumen