PEMBINGKAIAN BERITA PILKADA

  • TA Mahasiswa
  • Asri Utari Apriliany
  • 2402714109

Abstrak

Purpose: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan seleksi isu dan penonjolan aspek yang dilakukan oleh Kompas.com dan Viva.co.id dalam berita Calon gubernur dan Calon wakil gubernur Jawa barat Tb. Hasanudin dan Anton Charliyan. Design/ methodology/ approach: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis framing Robert N. Entman dan paradigma konstruksionis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semistruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Peneliti mengambil dua informan yang merupakan wartawan, pemilihan informan ini dilakukan secara purposive sampling sebagai subjek penelitian untuk dijadikan sumber data. Findings: Hasil penelitian ini memperlihatkan seleksi isu yang ditampilkan kompas.com yang berusaha untuk tetap menjaga netralitasnya dengan memperlihatkan seluruh hasil survei pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat, sedangkan pada viva.co.id memperlihatkan hasil survei pasangan Tb.Hasanudin dan Anton Cahrliyan saja. Pada penonjolan aspek kompas.com mengambil sikap untuk mendukung pasangan Tb.Hasanudin dan Anton Charliyan terlihat dari bagaimana kompas.com mengemas pemberitaan pasangan Tb. Hasanudin dan Anton Charliyan ini dan juga kompas.com memperlihatkan seluruh program unggulan secara lebih detail. Sedang viva.co.id memperlihatkan sudut negatif dari pasangan ini yaitu hasil survei yang selalu diposisi bawah dan juga viva.co.id menggungkapkan hasil survei ini dengan menggunakan kata-kata seperti “pede”, ironi, jagoan PDIP, dan lainnya. Dari hasil analisis pembingkaian dapat dilihat pengaruh kepemilikan media memberikan dampak yang berbeda terhadap masing-masing media. Keyword: Framing, Pilkada, Polri dan TNI

Lihat Dokumen