STRATEGI KOMUNIKASI KAMPANYE

  • TA Mahasiswa
  • Novia Triliani
  • 2402714098

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kesadaran akan pentingnya minat mengaji umat Muslim di Indonesia khususnya di Kab. Garut. Berdasarkan data dari Institut Ilmu Quran (IIQ) dan BPS menyebutkan bahwa tingkat Buta Baca Quran di Indonesia masih terbilang tinggi. Hal ini yang menjadikan kekhawatiran bahwa kondisi perilaku menyimpang masyarakat dewasa ini di indikasikan karena lemahnya keimanan seseorang karena jauh dari nilai-nilai Islami yang merubah tatanan kehidupan sosial sekitar. Sehingga diperlukan adanya gerakan massif yang dapat merubah seorang Muslim menjadi orang yang lebih baik lagi dalam mengamalkan nilai-nilai positif dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di Kab. Garut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi kampanye yang dilakukan oleh ABi Foundation untuk meningkatkan minat mengaji publik sasaran melalui kampanye Gerakan Berani Ngaji di Kab. Garut dengan menggunakan teori strategi komunikasi dan teori persuasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti melibatkan sedikitnya lima orang informan dan empat narasumber sebagai sumber data. Sehingga disimpulkan bahwa ABi Foundation telah melakukan upaya pelaksanaan kampanye yang baik namun belum optimal, sebagai strategi komunikasi untuk meningkatkan minat mengaji masyarakat melalui kampanye Gerakan Berani Ngaji. Kata Kunci : Kampanye Gerakan Berani Ngaji, PEST, Program Buta Baca Quran, Strategi Komunikasi, SWOT

Lihat Dokumen