STRATEGI KOMUNIKASI KAMPANYE
- TA Mahasiswa
- Novia Triliani
- 2402714098
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kesadaran akan pentingnya minat
mengaji umat Muslim di Indonesia khususnya di Kab. Garut. Berdasarkan data dari
Institut Ilmu Quran (IIQ) dan BPS menyebutkan bahwa tingkat Buta Baca Quran di
Indonesia masih terbilang tinggi. Hal ini yang menjadikan kekhawatiran bahwa
kondisi perilaku menyimpang masyarakat dewasa ini di indikasikan karena lemahnya
keimanan seseorang karena jauh dari nilai-nilai Islami yang merubah tatanan
kehidupan sosial sekitar. Sehingga diperlukan adanya gerakan massif yang dapat
merubah seorang Muslim menjadi orang yang lebih baik lagi dalam mengamalkan
nilai-nilai positif dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di Kab. Garut. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi
kampanye yang dilakukan oleh ABi Foundation untuk meningkatkan minat mengaji
publik sasaran melalui kampanye Gerakan Berani Ngaji di Kab. Garut dengan
menggunakan teori strategi komunikasi dan teori persuasi. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Peneliti melibatkan sedikitnya lima orang informan dan empat narasumber sebagai
sumber data. Sehingga disimpulkan bahwa ABi Foundation telah melakukan upaya
pelaksanaan kampanye yang baik namun belum optimal, sebagai strategi komunikasi
untuk meningkatkan minat mengaji masyarakat melalui kampanye Gerakan Berani
Ngaji.
Kata Kunci : Kampanye Gerakan Berani Ngaji, PEST, Program Buta Baca Quran,
Strategi Komunikasi, SWOT
Lihat Dokumen