STRATEGI KOMUNIKASI PLN UPJ (UNIT PELAYANAN JARINGAN) LELES
- TA Mahasiswa
- Thea Anetha Sofi Effendi
- 2402714121
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PT. PLN (Persero) membuat suatu inovasi sebagai suatu
solusi dari permasalahan yang dialami pelanggan dengan mengeluarkan produk baru yaitu
Listrik Pintar. PLN UPJ Leles memerlukan strategi komunikasi untuk meningkatkan minat
pelanggan untuk beralih dari listrik pasca bayar kepada Listrik Pintar sehingga program
Listrik Pintar dapat berjalan dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh PLN UPJ Leles yang meliputi analisis
situasi, strategi perencanaan dan penyusunan program, implementasi dan evaluasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan paradigma
konstruktivisme. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini
adalah pegawai PLN UPJ Leles yang terlibat dalam pelaksanaan strategi komunikasi yang
berjumlah lima orang serta pengambilan informan dengan menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PLN UPJ Leles PLN UPJ Leles dapat melaksanakan
strategi komunikasi dengan baik dalam meningkatkan minat pelanggan untuk beralih dari
listrik pasca bayar kepada Listrik Pintar. Analisis situasi, yang dilakukan dengan melihat
kesiapan internal dan eksternal namun PLN UPJ Leles tidak secara khusus membuat analisis
SWOT dan analisis PEST dalam pelaksanaan strategi komunikasi. Dalam strategi
perencanaan dan penyusunan program PLN UPJ Leles terdapat tujuan, target sasaran,
penyampaian pesan dengan informarif, persuasif dan edukatif, serta strategi yang dilakukan
dengan memaksimalkan jejaring dengan pihak eksternal dan mitra PLN serta memanfaatkan
berbagai media. Implementasi dilakukan dengan menyusun skala waktu kegiatan secara rutin
dan mengikuti situasi dan kondisi serta adanya pengalokasian sumber daya personil,
peralatan, dan biaya secara khusus. Evaluasi dilakukan PLN UPJ Leles dengan adanya rapat
pegawai setiap satu bulan satu kali dengan evaluasi program dan manajemen.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Meningkatkan Minat, Listrik Pintar
Lihat Dokumen