STRATEGI KOMUNIKASI PLN UPJ (UNIT PELAYANAN JARINGAN) LELES

  • TA Mahasiswa
  • Thea Anetha Sofi Effendi
  • 2402714121

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PT. PLN (Persero) membuat suatu inovasi sebagai suatu solusi dari permasalahan yang dialami pelanggan dengan mengeluarkan produk baru yaitu Listrik Pintar. PLN UPJ Leles memerlukan strategi komunikasi untuk meningkatkan minat pelanggan untuk beralih dari listrik pasca bayar kepada Listrik Pintar sehingga program Listrik Pintar dapat berjalan dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh PLN UPJ Leles yang meliputi analisis situasi, strategi perencanaan dan penyusunan program, implementasi dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah pegawai PLN UPJ Leles yang terlibat dalam pelaksanaan strategi komunikasi yang berjumlah lima orang serta pengambilan informan dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa PLN UPJ Leles PLN UPJ Leles dapat melaksanakan strategi komunikasi dengan baik dalam meningkatkan minat pelanggan untuk beralih dari listrik pasca bayar kepada Listrik Pintar. Analisis situasi, yang dilakukan dengan melihat kesiapan internal dan eksternal namun PLN UPJ Leles tidak secara khusus membuat analisis SWOT dan analisis PEST dalam pelaksanaan strategi komunikasi. Dalam strategi perencanaan dan penyusunan program PLN UPJ Leles terdapat tujuan, target sasaran, penyampaian pesan dengan informarif, persuasif dan edukatif, serta strategi yang dilakukan dengan memaksimalkan jejaring dengan pihak eksternal dan mitra PLN serta memanfaatkan berbagai media. Implementasi dilakukan dengan menyusun skala waktu kegiatan secara rutin dan mengikuti situasi dan kondisi serta adanya pengalokasian sumber daya personil, peralatan, dan biaya secara khusus. Evaluasi dilakukan PLN UPJ Leles dengan adanya rapat pegawai setiap satu bulan satu kali dengan evaluasi program dan manajemen. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Meningkatkan Minat, Listrik Pintar

Lihat Dokumen