PEMASARAN OBJEK WISATA ALAM PASIR KIRISIK CIAWI MELALUI MEDIA INSTAGRAM
- TA Mahasiswa
- Fuji Rahmawati Batara
- 2402713015
Abstrak
Fuji Rahmawati Batara. 2402713015. Judul Penelitian ini adalah: Pemasaran Objek
Wisata Alam Pasir Kirisik Ciawi Melalui Media Instagram
(Studi Deskriptif Tentang Pengelolaan Objek Wisata Alam Pasir Kirisik Ciawi
Melalui Akun Instagram @wisataalampasirkirisik Di Kabupaten Tasikmalaya)
Penelitian ini di latarbelakangi dengan maraknya penggunaan media sosial
Instagram sebagai media pemasaran Objek Wisata Alam Pasir Kirisik untuk
meningkatkan jumlah pengunjung melalui unggahan foto dan captions pada akun
@wisataalampasirkirisik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana proses pengelola dalam memasarkan Objek Wisata Alam Pasir Kirisik
melalui unggahan akun Instagram.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan
jumlah informan sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara
mendalam dan observasi langsung kepada tiap-tiap informan dan pengamatan yang
dilakukan kepada informan dan narasumber yang dipilih berdasarkan pengetahuan
dan pengamatan mereka terhadap Pemasaran melalui media Instagram di Objek
Wisata Alam Pasir Kirisik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan promosi pemasaran
dilakukan dengan dua cara yaitu periklanan di media sosial Instagram dan pemasaran
secara langsung, terjadi peningkatan jumlah pengunjung setelah pengelola membuat
dan memasarkan objek wisata di media sosial Instagram. Hubungan masyarakat yang
dilakukan Objek Wisata Pasir Kirisik dengan cara memperkerjakan hampir 80%
masyarakat desa Guranteng, dan 20% masyarakat luar daerah.
Kata kunci : Instagram, media pemasaran, wisata, Integrated Marketing
Communications
Lihat Dokumen