PEMASARAN OBJEK WISATA ALAM PASIR KIRISIK CIAWI MELALUI MEDIA INSTAGRAM

  • TA Mahasiswa
  • Fuji Rahmawati Batara
  • 2402713015

Abstrak

Fuji Rahmawati Batara. 2402713015. Judul Penelitian ini adalah: Pemasaran Objek Wisata Alam Pasir Kirisik Ciawi Melalui Media Instagram (Studi Deskriptif Tentang Pengelolaan Objek Wisata Alam Pasir Kirisik Ciawi Melalui Akun Instagram @wisataalampasirkirisik Di Kabupaten Tasikmalaya) Penelitian ini di latarbelakangi dengan maraknya penggunaan media sosial Instagram sebagai media pemasaran Objek Wisata Alam Pasir Kirisik untuk meningkatkan jumlah pengunjung melalui unggahan foto dan captions pada akun @wisataalampasirkirisik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengelola dalam memasarkan Objek Wisata Alam Pasir Kirisik melalui unggahan akun Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah informan sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi langsung kepada tiap-tiap informan dan pengamatan yang dilakukan kepada informan dan narasumber yang dipilih berdasarkan pengetahuan dan pengamatan mereka terhadap Pemasaran melalui media Instagram di Objek Wisata Alam Pasir Kirisik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan promosi pemasaran dilakukan dengan dua cara yaitu periklanan di media sosial Instagram dan pemasaran secara langsung, terjadi peningkatan jumlah pengunjung setelah pengelola membuat dan memasarkan objek wisata di media sosial Instagram. Hubungan masyarakat yang dilakukan Objek Wisata Pasir Kirisik dengan cara memperkerjakan hampir 80% masyarakat desa Guranteng, dan 20% masyarakat luar daerah. Kata kunci : Instagram, media pemasaran, wisata, Integrated Marketing Communications

Lihat Dokumen