MOTIF PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA GENERASI Z (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG MOTIF PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA GENERASI Z DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)

  • TA Mahasiswa
  • Intan Agustina
  • 2402714033

Abstrak

Intan Agustina, 2402714033. Motif Public Display Of Affection Pada Generasi Z (Studi Fenomenologi Tentang Motif Public Display Of Affection Pada Generasi Z di Media Sosial Instagram) Penelitian ini di latarbelakangi penggunaan Public Display Of Affection banyak dilakukan oleh setiap individu khususnya di kalangan remaja, apalagi didukung dengan adanya media sosial. Berbagai cara dapat digunakan dalam berbagi kemesraan kepada publik, tidak hanya dilakukan dengan mengunggah foto bersama pasangan saja. Tetapi dengan berbagi gambar bermuatan cinta yang ditujukan untuk pasangan. Unggahan gambar bermuatan cinta ini tak jarang hanya untuk menyapa “selamat pagi” kepada pasangan, yang tentu juga menautkan nama pasangan dalam unggahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan menjelaskan motif generasi Z melakukan Public Display Of Affection pada media sosial instagram, pengalaman generasi Z melakukan Public Display Of Affection pada media sosial instagram, makna Public Display Of Affection pada kalangan generasi Z di media sosial instagram Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi serta menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdapat tujuh informan yang telah peneliti tentukan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, studi pustaka dan internet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motif Generasi Z melakukan Public Display Of Affection Di Media Sosial Instagram yaitu menghargai pasangan, untuk menunjukkan perasaan, untuk memamerkan hubungan, sebagai sarana berbagi perasaan, untuk kepuasan tersendiri dan sebagai peluang berbisnis (Endorsment) (2) Pengalaman Generasi Z melakukan Public Display Of Affection Di Media Sosial Instagram yaitu mendapatkan komentar negatif dari followers, jumlah followers berkurang, memberikan informasi, memberikan kebahagiaan, menarik perhatian followers, mendapatkan respon positif dari followers, hubungan menjadi Harmonis (3) Makna Generasi Z melakukan Public Display Of Affection Di Media Sosial Instagram yaitu sebagai hiburan. Dengan begitu bahwa motif generasi Z melakukan Public Display Of Affection di media sosial Instagram adalah sebagai eksistensi diri agar mereka dikenal oleh banyak orang termasuk followers-nya, serta menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya karena telah mempunyai pasangan atau kekasih. Kata Kunci: Fenomenologi, Generasi Z, Instagram, Motif

Lihat Dokumen