MOTIF PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA GENERASI Z (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG MOTIF PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA GENERASI Z DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)
- TA Mahasiswa
- Intan Agustina
- 2402714033
Abstrak
Intan Agustina, 2402714033. Motif Public Display Of Affection Pada Generasi Z (Studi
Fenomenologi Tentang Motif Public Display Of Affection Pada Generasi Z di Media Sosial
Instagram)
Penelitian ini di latarbelakangi penggunaan Public Display Of Affection banyak dilakukan oleh
setiap individu khususnya di kalangan remaja, apalagi didukung dengan adanya media sosial.
Berbagai cara dapat digunakan dalam berbagi kemesraan kepada publik, tidak hanya dilakukan
dengan mengunggah foto bersama pasangan saja. Tetapi dengan berbagi gambar bermuatan cinta
yang ditujukan untuk pasangan. Unggahan gambar bermuatan cinta ini tak jarang hanya untuk
menyapa “selamat pagi†kepada pasangan, yang tentu juga menautkan nama pasangan dalam
unggahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan menjelaskan motif generasi Z
melakukan Public Display Of Affection pada media sosial instagram, pengalaman generasi Z
melakukan Public Display Of Affection pada media sosial instagram, makna Public Display Of
Affection pada kalangan generasi Z di media sosial instagram
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi serta
menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdapat tujuh informan yang telah
peneliti tentukan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi nonpartisipan,
wawancara mendalam, studi pustaka dan internet.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motif Generasi Z melakukan Public Display
Of Affection Di Media Sosial Instagram yaitu menghargai pasangan, untuk menunjukkan perasaan,
untuk memamerkan hubungan, sebagai sarana berbagi perasaan, untuk kepuasan tersendiri dan
sebagai peluang berbisnis (Endorsment) (2) Pengalaman Generasi Z melakukan Public Display Of
Affection Di Media Sosial Instagram yaitu mendapatkan komentar negatif dari followers, jumlah
followers berkurang, memberikan informasi, memberikan kebahagiaan, menarik perhatian followers,
mendapatkan respon positif dari followers, hubungan menjadi Harmonis (3) Makna Generasi Z
melakukan Public Display Of Affection Di Media Sosial Instagram yaitu sebagai hiburan. Dengan
begitu bahwa motif generasi Z melakukan Public Display Of Affection di media sosial Instagram
adalah sebagai eksistensi diri agar mereka dikenal oleh banyak orang termasuk followers-nya, serta
menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya karena telah mempunyai pasangan atau kekasih.
Kata Kunci: Fenomenologi, Generasi Z, Instagram, Motif
Lihat Dokumen