VLOG YOUTUBE PRESIDEN JOKOWI SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING

  • TA Mahasiswa
  • Anggi Ridzaldhi
  • 24071115038

Abstrak

Anggi Ridzaldhi, 24071115038. Judul penelitian ini adalah “Vlog Youtube Presiden Jokowi sebagai Media Personal Branding (Studi Deskriptif Kualitatif Semiotika Charles Sander Pierce tentang Vlog Youtube Presiden Jokowi Sebagai Media Personal Branding Bagi Generasi Milenial pada Vlog #JKWVLOG Trans Jawa)” Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah vlog di media sosial youtube yang menampilkan personal branding Presiden Joko Widodo pada saat dirinya sedang menghadiri acara peresmian Tol Trans Jawa yang merupakan sejarah baru dalam infrastruktur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna vlog youtube Presiden Jokowi sebagai media personal branding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sander Pierce yang mana didalamnya terdapat makna ikon, indeks dan simbol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makna vlog youtube Presiden Jokowi sebagai media personal branding terkait ikon yaitu dari aspek visualisasi memperlihatkan sosok Jokowi secara dominan baik dari penampilannya ataupun aktivitas yang dilakukannya, dilihat dari aspek teknik pengambilan gambar menggunakan lima teknik yaitu extreme long shot, medium close up, medium long shot, long shot dan medium shot. Sedangkan terkait indeks yaitu memberikan suatu informasi kepada masyarakat tentang manfaat Tol Trans Jawa kedepannya serta memperlihatkan peresmian Tol berjalan dengan meriah, serta terkait dengan simbol yaitu menampilkan simbol pakaian/fashion anak milenial. Kata Kunci : Vlog, Semiotika, Presiden Jokowi, Personal Branding, Milenial

Lihat Dokumen