VLOG YOUTUBE PRESIDEN JOKOWI SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING
- TA Mahasiswa
- Anggi Ridzaldhi
- 24071115038
Abstrak
Anggi Ridzaldhi, 24071115038. Judul penelitian ini adalah “Vlog Youtube
Presiden Jokowi sebagai Media Personal Branding (Studi Deskriptif Kualitatif
Semiotika Charles Sander Pierce tentang Vlog Youtube Presiden Jokowi Sebagai
Media Personal Branding Bagi Generasi Milenial pada Vlog #JKWVLOG Trans
Jawa)â€
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah vlog di media sosial youtube yang
menampilkan personal branding Presiden Joko Widodo pada saat dirinya sedang
menghadiri acara peresmian Tol Trans Jawa yang merupakan sejarah baru dalam
infrastruktur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna vlog youtube
Presiden Jokowi sebagai media personal branding. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sander Pierce yang mana
didalamnya terdapat makna ikon, indeks dan simbol.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makna vlog youtube Presiden Jokowi sebagai
media personal branding terkait ikon yaitu dari aspek visualisasi memperlihatkan
sosok Jokowi secara dominan baik dari penampilannya ataupun aktivitas yang
dilakukannya, dilihat dari aspek teknik pengambilan gambar menggunakan lima teknik
yaitu extreme long shot, medium close up, medium long shot, long shot dan medium
shot. Sedangkan terkait indeks yaitu memberikan suatu informasi kepada masyarakat
tentang manfaat Tol Trans Jawa kedepannya serta memperlihatkan peresmian Tol
berjalan dengan meriah, serta terkait dengan simbol yaitu menampilkan simbol
pakaian/fashion anak milenial.
Kata Kunci : Vlog, Semiotika, Presiden Jokowi, Personal Branding, Milenial
Lihat Dokumen