PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KABUPATEN GARUT
- TA Mahasiswa
- Novi Nurhayati
- 24077115107
Abstrak
Novi Nurhayati, 24077115107. Judul penelitian ini adalah: Pengaruh Komunikasi Pemasaran
Shopee Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kabupaten Garut.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh seiring perkembangan teknologi dan komunikasi,
yang telah bayak bermunculan berbagai bentuk usaha atau bisnis yang berbasis online dimana
pada kegiatannya dengan memanfaatkan jejaring internet, atau lebih dikenal dengan istilah ecommerce. Di Indonesia khususnya saat ini e-commerce terlihat semakin bersaing salah satunya
adalah Shopee, terutama dalam komunikasi pemasaran, bagaimana suatu produk yang mereka
hasilkan dapat dikenal dan diminati oleh publik, sehinggaa nantinya publik tersebut menjadi
pelanggan yang loyal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
komunikasi pemasaran Shopee terhadap loyalitas pelanggan di Kabupaten Garut Kecamatan
Tarogong Kidul.
Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif.
Metode pnelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif analisis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner, berjumlah 98 sampel
pengguna. Analisis data dilakukan untuk mencari hubungan variabel independen dan dependen
menggunakan metode analisis korelasi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran secara keseluruhan memiliki
skor rata-rata pernyataan variabel X 383 dimana skor tersebut menandakan bahwa komunikasi
pemasaran bernilai sangat baik. Loyalitas pelanggan variabel Y secara keseluruhan memiliki
skor 381 artinya sangat baik. Adapun hubungan komunikasi pemasaran terhadap loyalitas
pelanggan > (13.1595> 1.9850), sedangkan besarnya sig 0,00 karena 0,00Ë‚0,05
maka . Artinya komunikasi pemasaran Shopee berhubungan tinggi
terhadap loyalitas pelanggan sebesar 64,34%. Kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran sangat
mempengaruhi loyalitas pelanggan, dibuktikan dari skor yang tinggi yang diambil berdasarkan
jawaban dari para responden.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Shopee, E-commerce, Loyalitas Pelanggan
Lihat Dokumen