INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBENTUK PERSONAL BRANDING
- TA Mahasiswa
- Kenny Kharismawati
- 2402714092
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan media Instagram yang menampilkan
Selebgram-Selebgram berhijab pada saat ini dalam mem-branding diri mereka. Selain menjadi
endorser mereka juga memiliki kompetensi, karakter serta nilai-nilai tertentu yang dapat menjadi
nilai tambah personal sehingga menimbulkan berbagai persepsi khalayak instagram. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif dan paradigma
kontruktivisme. Teori yang digunakan adalah personal Branding yang mengacu pada tiga dimensi
utama pembentukan personal branding yaitu melalui Gaya/style, Kompetensi/kemampuan, dan
standar diri. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Selebgram berhijab membentuk personal branding
di instagram melalui gaya/style yang merupakan kepribadian dari personal branding. Selebgram
berhijab memiliki ciri khas masing-masing dalam berpenampilan sebagai bentuk komunikasi
nonverbal yang menjadikan diri unik didalam benak orang lain. Gaya tersebut menunjukan cara
mereka berhubungan dengan orang lain disertai dengan gaya mereka menulis caption. caption
tersebut dapat berupa ajakan/mempengaruhi seperti caption endorse, caption sebagai pengetahuan
untuk followers, dan caption yang memperlihatkan karakter diri mereka. selebgram berhijab
membentuk sebuah personal branding melalui sebuah polesan dan metode komunikasi yang
disusun dengan baik. Kompetensi/kemampuan yang dimiliki selebgram dapat menambah branding
dirinya dengan berbagai potensi yang dimiliki diantaranya kompetensi public speaking, kompetensi
sebagai duta pariwisata dan seni budaya, fashion influencer, content creator, kompetensi olah raga
karate dan motor cross serta kompetensi dalam bisnisnya dimana mereka memiliki brand sendiri
dalam produk bisnisnya. Melalui gaya/style, kompetensi/kemampuan yang dimiliki mereka
menetapkan standar diri di instagram agar gaya/style serta kompetensi/kemampuan yang
dimilikinya dapat menarik followers sehingga dapat memperkuat branding yang dimiliki.
Kata Kunci: Instagram, Media, Personal Branding, Selebritis Instagram, Followers
Lihat Dokumen