INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBENTUK PERSONAL BRANDING

  • TA Mahasiswa
  • Kenny Kharismawati
  • 2402714092

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan media Instagram yang menampilkan Selebgram-Selebgram berhijab pada saat ini dalam mem-branding diri mereka. Selain menjadi endorser mereka juga memiliki kompetensi, karakter serta nilai-nilai tertentu yang dapat menjadi nilai tambah personal sehingga menimbulkan berbagai persepsi khalayak instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif dan paradigma kontruktivisme. Teori yang digunakan adalah personal Branding yang mengacu pada tiga dimensi utama pembentukan personal branding yaitu melalui Gaya/style, Kompetensi/kemampuan, dan standar diri. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Selebgram berhijab membentuk personal branding di instagram melalui gaya/style yang merupakan kepribadian dari personal branding. Selebgram berhijab memiliki ciri khas masing-masing dalam berpenampilan sebagai bentuk komunikasi nonverbal yang menjadikan diri unik didalam benak orang lain. Gaya tersebut menunjukan cara mereka berhubungan dengan orang lain disertai dengan gaya mereka menulis caption. caption tersebut dapat berupa ajakan/mempengaruhi seperti caption endorse, caption sebagai pengetahuan untuk followers, dan caption yang memperlihatkan karakter diri mereka. selebgram berhijab membentuk sebuah personal branding melalui sebuah polesan dan metode komunikasi yang disusun dengan baik. Kompetensi/kemampuan yang dimiliki selebgram dapat menambah branding dirinya dengan berbagai potensi yang dimiliki diantaranya kompetensi public speaking, kompetensi sebagai duta pariwisata dan seni budaya, fashion influencer, content creator, kompetensi olah raga karate dan motor cross serta kompetensi dalam bisnisnya dimana mereka memiliki brand sendiri dalam produk bisnisnya. Melalui gaya/style, kompetensi/kemampuan yang dimiliki mereka menetapkan standar diri di instagram agar gaya/style serta kompetensi/kemampuan yang dimilikinya dapat menarik followers sehingga dapat memperkuat branding yang dimiliki. Kata Kunci: Instagram, Media, Personal Branding, Selebritis Instagram, Followers

Lihat Dokumen