KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN CALON PETAHANA BUPATI DAN WAKIL BUPATI GARUT

  • TA Mahasiswa
  • Eva Robyatul Adawiyah
  • 2402714131

Abstrak

Eva Robyatul Adawiyah. 2402714131. Judul Penelitian ini adalah Komunikasi Politik Pasangan Petahana Bupati dan Wakil Bupati Garut (Studi Deskriftif Kualitatif tentang Marketing Politik Pasangan Calon Bupati Rudy Gunawan- dan wakil Bupati Helmi Budiman dalam Masa Kampanye Pemilihan Bupati Garut Tahun 2018). Pentingnya pemasaran politik di dasarkan pada fakta bahwa kompetisi dan rivalitas atar calon dalam memenangkan pilkada di kabupaten Garut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengambarkan bagaimanakah pemasara politik (political marketing) pasangan calon petahana Rudi-Helmi pada pilkada kabupaten Garut 2018. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah tim kampanye yang di bagi kedalam tiga kategori yakni Tim dari Ring satu (perwakilan keluarga), tim ring dua (perwakilan partai politik), dan tim ring tiga (perwakilan tim Relawan). Hasil penelitian menunjukan marketing politik pasangan calon petahana Rudi-Helmi pada pilkada kabupaten Garut tahun 2018 dengan menggunakan strategi Marketing mix politik yaitu : (1) Produk yang di gunkan dalam pelaksanaan kampanye di antaranya terdapat empat subtansi policy yang berisi visi misi pasngan calon , person pengaruh individu petahana sangat kuat dalam pemenangan pilkada Garut, party terdapat beberapa partai pengusung di antaranya Gerindra, PKS, dan Nasdem dan presentation (2) Price (Harga) dalam harga marketing politik pasangan petahana menetapkan Harga baik harga ekonomi, pesikologis, maupun harga citra nasional dalam pelaksanaan marketing politiknya (3) Place (Tempat atau Distribusi) tempat di gunakan sebagai kampanye pasangan petahana yang dilakukan di balai pertemuan warga atau lapangan terbuka (4) pada Promotion (Promosi) pasangan petahana menggunkan media dalam pelaksanaan kampanye media yang digunakan baik itu media elektronik (TV lokal, Radio) media catak Koran (Radar Garut, Garut Eksperes) Media social (facebook, instagram, tweeter) dengan nama Relawan salah satunya akun IG Bharamuda. Kata Kunci : Marketing Politik, Pilkada, Petahana.

Lihat Dokumen