KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN CALON PETAHANA BUPATI DAN WAKIL BUPATI GARUT
- TA Mahasiswa
- Eva Robyatul Adawiyah
- 2402714131
Abstrak
Eva Robyatul Adawiyah. 2402714131. Judul Penelitian ini adalah Komunikasi Politik Pasangan
Petahana Bupati dan Wakil Bupati Garut (Studi Deskriftif Kualitatif tentang Marketing Politik
Pasangan Calon Bupati Rudy Gunawan- dan wakil Bupati Helmi Budiman dalam Masa
Kampanye Pemilihan Bupati Garut Tahun 2018).
Pentingnya pemasaran politik di dasarkan pada fakta bahwa kompetisi dan rivalitas atar
calon dalam memenangkan pilkada di kabupaten Garut tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mengambarkan bagaimanakah pemasara politik (political marketing) pasangan
calon petahana Rudi-Helmi pada pilkada kabupaten Garut 2018.
Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan
dalam penelitian ini adalah tim kampanye yang di bagi kedalam tiga kategori yakni Tim dari
Ring satu (perwakilan keluarga), tim ring dua (perwakilan partai politik), dan tim ring tiga
(perwakilan tim Relawan).
Hasil penelitian menunjukan marketing politik pasangan calon petahana Rudi-Helmi
pada pilkada kabupaten Garut tahun 2018 dengan menggunakan strategi Marketing mix politik
yaitu : (1) Produk yang di gunkan dalam pelaksanaan kampanye di antaranya terdapat empat
subtansi policy yang berisi visi misi pasngan calon , person pengaruh individu petahana sangat
kuat dalam pemenangan pilkada Garut, party terdapat beberapa partai pengusung di antaranya
Gerindra, PKS, dan Nasdem dan presentation (2) Price (Harga) dalam harga marketing politik
pasangan petahana menetapkan Harga baik harga ekonomi, pesikologis, maupun harga citra
nasional dalam pelaksanaan marketing politiknya (3) Place (Tempat atau Distribusi) tempat di
gunakan sebagai kampanye pasangan petahana yang dilakukan di balai pertemuan warga atau
lapangan terbuka (4) pada Promotion (Promosi) pasangan petahana menggunkan media dalam
pelaksanaan kampanye media yang digunakan baik itu media elektronik (TV lokal, Radio) media
catak Koran (Radar Garut, Garut Eksperes) Media social (facebook, instagram, tweeter) dengan
nama Relawan salah satunya akun IG Bharamuda.
Kata Kunci : Marketing Politik, Pilkada, Petahana.
Lihat Dokumen