KOMUNIKASI POLITIK TWEET CEBONG-KAMPRET DI MEDIA SOSIAL TWITTER
- TA Mahasiswa
- Biyandhari
- 24077115050
Abstrak
Penelitian ini berjudul : Komunikasi Politik Tweet Cebong Kampret di Media Sosial
Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Tweet Cebong-Kampret di Media Sosial twitter)
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sebutan cebong-kampret ketika pilpres kemudian hingga
saat ini sebutan tersebut masih melekat dan masih banyak dibicarakan di media sosial terutama
media sosial twitter.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui motif tweet cebong kampret di media
sosial twitter bagi pengguna twitter, pengalaman pada tweet cebong kampret di media sosial
twitter bagi pengguna twitter dan makna tweet cebong kampret di media sosial twitter bagi
pengguna twitter.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori
fenomenologi Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara
mendalam dengan mengambil 5 informan yang merupakan pengguna twitter aktif dan 1
narasumber psikolog.
Adapun hasil penelitian ini adalah Motif “untuk†dari penelitian ini adalah Motif
keinginan, dimana para pengguna twitter menuliskan tweet cebong-kampret sebagai ungkapan
kekesalan dan juga kritikan, sedangkan untuk motif “karena†yang didapat adalah motif
kenyamanan, dimana para pengguna twitter ingin nyaman menggunakan twitter tanpa adanya
perdebatan cebong-kampret, dan juga sebagai pembuktian diri sebagai yang paling benar.
Pengalaman yang dimiliki oleh informan terbagi menjadi dua macam, yaitu pengalaman positif
dan pengalaman negatif, pengalaman positif berupa mendapatkan teman baru dan bertukan
pikiran bersama dan pengalaman negatif berupa bemasalah dengan pengguna twitter lain dan
akun diblokir oleh pengguna twitter lain. Makna tweet cebong-kampret yang dikemukakan para
informan beragam, tweet cebong kampret ini maknai oleh mereka sebagai ungkapan rasa kesal,
keresahan, suatu sindiran dan juga kritikan.
Kata Kunci : Fenomenologi, Twitter, Komunikasi Politik, Cebong, Kampret
Lihat Dokumen