Pemaknaan Product Placement Smartphone Samsung Melalui Drama Korea The Legend of Bluesea Sebagai Branding Strategy
- TA Mahasiswa
- Widi Hardis Mahawarman
- 24077115018
Abstrak
Pada jaman ini masyarakat sering menyalahartikan product placement sebagai sebuah
sponsor dalam sebuah tayangan, baik itu film, drakor, ftv, sinetron dan lain sebagainya. Ini
menandakan bahwa kurang pahamnya masyarakat mengenai product placement dalam sebuah
tayangan, maka penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas
mengenai apa itu product placement. Product Placement Samsung Galaxy Note 7 Edge dipilih
sebagai objek penelitian dalam penelitian ini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Branding Strategic Keller.K. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
In-depth interview, teknik bertujuan untuk mengumpulkan data dengan cara memewawancarai
informan dan juga narasumber terkait.
Adanya placement yang dilakukan oleh Samsung Electronics pada serial drama Korea
menunjukkan bahwa penggunaan smartphone oleh pemeran dalam tayangan merupakan hal yang
disengaja dan bertujuan untuk beriklan. Dalam proses penampilan smartphone, produk tidak
sebatas hanya ditampilkan untuk menunjukkan wujudnya saja, namun juga turut disampaikan
karakteristik atas brand yang melekat pada produk. Hal ini dapat diamati melalui adegan yang
dimainkan oleh para pemeran dalam serial yang menampilkan informasi dan membentuk kesan
dimata para penontonnya. Melalui kegiatan placement dan branding strategy pada media drama
Korea juga dapat memicu terbentuknya Identitas dari smartphone Samsung.
Kata Kunci : Product Placement, Samsung Smartphone, Korean Drama The Legend of Blue
Sea, Branding Strategy, Branding, Strategy, Strategy Branding
Lihat Dokumen