Pemaknaan Product Placement Smartphone Samsung Melalui Drama Korea The Legend of Bluesea Sebagai Branding Strategy

  • TA Mahasiswa
  • Widi Hardis Mahawarman
  • 24077115018

Abstrak

Pada jaman ini masyarakat sering menyalahartikan product placement sebagai sebuah sponsor dalam sebuah tayangan, baik itu film, drakor, ftv, sinetron dan lain sebagainya. Ini menandakan bahwa kurang pahamnya masyarakat mengenai product placement dalam sebuah tayangan, maka penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas mengenai apa itu product placement. Product Placement Samsung Galaxy Note 7 Edge dipilih sebagai objek penelitian dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Branding Strategic Keller.K. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu In-depth interview, teknik bertujuan untuk mengumpulkan data dengan cara memewawancarai informan dan juga narasumber terkait. Adanya placement yang dilakukan oleh Samsung Electronics pada serial drama Korea menunjukkan bahwa penggunaan smartphone oleh pemeran dalam tayangan merupakan hal yang disengaja dan bertujuan untuk beriklan. Dalam proses penampilan smartphone, produk tidak sebatas hanya ditampilkan untuk menunjukkan wujudnya saja, namun juga turut disampaikan karakteristik atas brand yang melekat pada produk. Hal ini dapat diamati melalui adegan yang dimainkan oleh para pemeran dalam serial yang menampilkan informasi dan membentuk kesan dimata para penontonnya. Melalui kegiatan placement dan branding strategy pada media drama Korea juga dapat memicu terbentuknya Identitas dari smartphone Samsung. Kata Kunci : Product Placement, Samsung Smartphone, Korean Drama The Legend of Blue Sea, Branding Strategy, Branding, Strategy, Strategy Branding

Lihat Dokumen