PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

  • TA Mahasiswa
  • Sani Fadli Husni
  • 24077115066

Abstrak

Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA IT Baiturrohman Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik Pengolahan Data menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dari hasil tabulasi angket serta hasil uji hipotesis dan uji pengaruh. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan program excel, memperoleh hasil koefisien korelasi signifikan ditunjukan dengan nilai Thitung sebesar 7,45. Nilai tersebut lebih besar dari nilai Ttabel sebesar 2,02 (7,45> 2,02), ini menegaskan bahwa Ho di tolak dan menerima Ha, maka dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara variabel komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA IT Baiturrohman Garut. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai determinasi sebesar 57,54% dengan kriteria Sedang. Sedangkan epsilon atau factor lain yang tidak ditliti sebesar 42,45%. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan pengaruhnya Sedang. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Guru, Siswa, Pemahaman, Sosiologi.

Lihat Dokumen