PENGARUH TERPAAN BERITA “DRIVER GOJEK DIMARAHI ORANGTUA PACAR” DI OKEZONE.COM TERHADAP PERSEPSI DRIVER GOJEK

  • TA Mahasiswa
  • Anne Nurjihan
  • 24071116010

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh yang ditimbulkan dari terpaan berita Driver GOJEK dimarahi Orangtua Pacar di Okezone.com Terhadap Persepsi Driver GOJEK yang meliputi aspek frekuensi, durasi, dan atensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pradigma positivisme. Teori yang digunakan adalah Teori Terpaan Berita sebagai teori utama dan Teori S-O-R sebagai teori pendukung. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh terpaan berita “Driver GOJEK dimarahi Orangtua Pacar di okezone.com” terhadap persepsi driver gojek Garut adalah terdapat pengaruh yang signifikan dan termasuk dalam kategori kuat dengan koefisien determinasi sebesar 0.686 atau 68,6%. (2) Pengaruh dimensi frekuensi terpaan berita “Driver GOJEK dimarahi Orangtua Pacar di okezone.com” terhadap persepsi driver gojek Garut termasuk dalam kategori kuat; (3) Pengaruh dimensi durasi terpaan berita Revisi Driver GOJEK dimarahi Orangtua Pacar di okezone.com” terhadap persepsi driver gojek Garut termasuk dalam kategori kuat; (4) Pengaruh dimensi atensi terpaan berita Driver GOJEK dimarahi Orangtua Pacar di okezone.com” terhadap persepsi driver gojek Garut termasuk dalam kategori kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel terpaan berita Driver GOJEK dimarahi Orangtua Pacar di okezone.com” terhadap persepsi driver gojek Garut. Kata Kunci: Driver Gojek, Pengaruh, Persepsi, S-O-R, Terpaan Berita.

Lihat Dokumen