Pengaruh Beauty Influencer Jawa Barat Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Pengguna Media Sosial Youtube Pada Mahasiswi Perguruan Tinggi

  • TA Mahasiswa
  • Eneng Febry Damayanti Syukur
  • 24071116105

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ramainya Beauty Influencer yang kini menjadi trend di dunia kecantikan. Akun Beauty Influencer banyak dicari, diikuti demi mendapatkan segala informasi dan referensi mengenai kecantikan, produk-produk yang sudah mereka coba sebelumnya sehingga dapat menimbulkan minat beli produk kecantikan audience. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Beauty Influencer Jawa Barat berpengaruh terhadap minat beli produk kecantikan pengguna media sosial Youtube pada mahasiswa perguruan tinggi di kabupaten Garut dan seberapa besar Beauty Influencer Jawa Barat berpengaruh terhadap minat beli produk kecantikan pengguna media sosial Youtube pada mahasiswi perguruan tinggi di kabupaten Garut . Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan studi kepustakaan sebagai data primer, wawancara sebagai data sekunder. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa perguruan tinggi di Kabupaten Garut dengan sebanyak 101 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis snowball sampling. Teori AIDDA yang peneliti gunakan adalah teori yang menjelaskan suatu tahap merespon pesan yang harus dimulai dengan mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat, kemudian terakhir mengambil tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi diketahui bahwa besarnya variabel Beauty influencer terhadap minat beli produk kecantikan di Jawa Barat adalah sebesar 12,942 atau 65,%, sehingga dapat disimpulkan bahwa Beauty influencer berpengaruh terhadap minat beli produk kecantikan. Kata Kunci: Beauty Influencer, Minat Beli, Teori AIDDA

Lihat Dokumen