KEPUASAN DIRI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK
- TA Mahasiswa
- Catherine
- 24071116119
Abstrak
Media sosial Tiktok kembali digemari oleh masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat
Garut, namun di tengah mewabahnya Covid-19 banyak Negara menerapkan karantina wilayah
(Lockdown) dan menjaga jarak fisik satu sama lain (Physical distencing). Tiktok menjadi pusat
perhatian karena masyarakat memiliki banyak waktu luang di rumah untuk menghindari
penyebaran Covid-19. Hal itu membuat masyarakat menggunakan media sosial Tiktok sebagai
media hiburan bagi mereka selama karantina wilayah (lockdown). Tujuan penelitian ini adalah
untuk menjelaskan Kepuasan Diri pengguna media sosial Tiktok ditinjau dari segi makna,
pengalaman, kepuasan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode
Deskriptif untuk mengumpulkan data agar mendapat data yang objektif. Adapun informan
penelitian ini adalah 10 orang pengguna aktif akun media sosial Tiktok. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa kepuasan diri pengguna media sosial Tiktok jika dilihat dari makna yaitu
sebagai sumber pengalaman, sumber informasi, dan sebagai identitas diri. Kemudian jika dilihat
dari pengalaman setelah menggunakan media sosial Tiktok terdapat pengalaman positif dan
negative, dari pengalaman positif diantaranya yaitu mendapatkan teman baru dan dikenal banyak
orang. Kemudian dilihat dari sisi negative nya adalah hujatan kritikan dan boros kuota. Dan
selanjutnya dilihat dari kepuasan diri pengguna media sosial Tiktok yaitu menjadi terkenal,
Tiktok di gemari semua orang, dan kemudian menghilangkan rasa bosan.
Kata Kunci : Tiktok, Fenomenologi, media sosial Tiktok
Lihat Dokumen