KEPUASAN DIRI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK

  • TA Mahasiswa
  • Catherine
  • 24071116119

Abstrak

Media sosial Tiktok kembali digemari oleh masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat Garut, namun di tengah mewabahnya Covid-19 banyak Negara menerapkan karantina wilayah (Lockdown) dan menjaga jarak fisik satu sama lain (Physical distencing). Tiktok menjadi pusat perhatian karena masyarakat memiliki banyak waktu luang di rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19. Hal itu membuat masyarakat menggunakan media sosial Tiktok sebagai media hiburan bagi mereka selama karantina wilayah (lockdown). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Kepuasan Diri pengguna media sosial Tiktok ditinjau dari segi makna, pengalaman, kepuasan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode Deskriptif untuk mengumpulkan data agar mendapat data yang objektif. Adapun informan penelitian ini adalah 10 orang pengguna aktif akun media sosial Tiktok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan diri pengguna media sosial Tiktok jika dilihat dari makna yaitu sebagai sumber pengalaman, sumber informasi, dan sebagai identitas diri. Kemudian jika dilihat dari pengalaman setelah menggunakan media sosial Tiktok terdapat pengalaman positif dan negative, dari pengalaman positif diantaranya yaitu mendapatkan teman baru dan dikenal banyak orang. Kemudian dilihat dari sisi negative nya adalah hujatan kritikan dan boros kuota. Dan selanjutnya dilihat dari kepuasan diri pengguna media sosial Tiktok yaitu menjadi terkenal, Tiktok di gemari semua orang, dan kemudian menghilangkan rasa bosan. Kata Kunci : Tiktok, Fenomenologi, media sosial Tiktok

Lihat Dokumen