PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

  • TA Mahasiswa
  • Riska Euis Kulsum
  • 24022115031 - S1 Akuntansi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur corporate governance dan karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan corporate social corporate (csr) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh struktur corporate governance dan karakteristik perusahaan terhadap corporate social corporate (csr) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur corporate governance secara parsial dan simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility (csr). Sedangkan karakteristik perusahaan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (csr). Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh struktur corporate governance terhadap pengungkapan corporate social responsibility (csr) dan sedangkan terdapat pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (csr) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Maka untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Lihat Dokumen