ANALISIS PENERAPAN E-PAYMENT PADA EATBOSS GARUT

  • TA Mahasiswa
  • Restu Fitri Pebrianti
  • 24022115022 - S1 Akuntansi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan E-payment pada Eatboss Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Sampel penelitian ini terdiri dari 70 pelanggan Eatboss yang pernah melakukan pembayaran via E-payment. Untuk memperkuat analisis, penulis menggunakan analisis faktor dimana indikator-indikator yang ada akan diringkas berdasarkan output analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-payment pada Eatboss Garut telah berjalan dengan baik. Adapun hasil analisis faktor menunjukkan bahwa dari 12 indikator, hanya ada 4 faktor yang terbentuk. Penamaan faktor ditentukan berdasarkan faktor loading terbesar. Diantaranya, faktor 1 dinamakan faktor keuntungan, faktor 2 dinamakan faktor pencatatan rinci, faktor 3 dinamakan faktor transaksi, dan faktor 4 dinamakan faktor biaya. Kata Kunci: Fintech, E-payment, Digital Payment, Payment Gateway

Lihat Dokumen