PENGARUH TERPAAN BERITA COVID-19 PADA MEDIA MASSA ELEKTRONIK TERHADAP SIKAP MASYARAKAT THE EFFECT OF STATEMENT OF COVID-19 ON ELECTRONIC MASS MEDIA TOWARDS COMMUNITY ATTITUDES

  • TA Mahasiswa
  • Rosidah Avifah Nurzannah
  • 24071117005

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perubahan yang terjadi pada sikap masyarakat di kecamatan Garut Kota setelah terjadi pandemi Covid-19. Salah satu penyebabnya adalah berita Covid-19 yang terdapat dalam media, baik itu media massa, media online, ataupun media elektronik seperti televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) bagaimana terpaan berita perkembangan Covid-19 dan slogan "Ingat pesan ibu" di media massa elektronik televisi, (2) Bagaimana sikap masyarakat di kecamatan Garut Kota, dan (3) seberapa besar pengaruh terpaan berita Covid-19 di media massa elektronik televisi terhadap sikap masyarakat di kecamatan Garut Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan model eksplanatoris sekuensial yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif pada satu fase kemudian pendekatan kualitatif pada fase selanjutnya. Responden penelitian berjumlah 100 orang, 5 orang informan dan 2 orang narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi frekuensi terhadap sikap kognitif masyarakat sebesar 0,825 (kuat), terhadap sikap afektif masyarakat sebesar 0,264 (lemah), terhadap sikap konatif masyarakat sebesar 0,867 (kuat). Sementara itu, nilai koefisien korelasi durasi terhadap sikap kognitif masyarakat sebesar 0,817 (kuat), terhadap sikap afektif masyarakat sebesar 0,914 (sangat kuat), terhadap sikap konatif masyarakat sebesar 0,857(kuat). Dan nilai koefisien korelasi atensi terhadap sikap kognitif masyarakat sebesar 0,965 (sangat kuat), terhadap sikap afektif masyarakat sebesar 0,972 (sangat kuat), terhadap sikap konatif masyarakat sebesar 0,896 (kuat). Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,965, sehingga variabel X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 96,5% terhadap variabel Y. Pengaruh terpaan berita Covid-19 terhadap sikap masyarakat dilihat dari bagaimana masyarakat mengingat anjuran 3M, meninjau kembali informasi yang didapatkan, dan memahami slogan "Ingat Pesan Ibu". Terdapat nilai kemanusiaan, nilai sosial dan nilai kebersihan yang didapatkan dari berita covid-19. Berita covid 19 memiliki peran sebagai penyampai informasi, memberikan gambaran realitas, dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Kata kunci: Berita, Sikap, Nilai dan Peran Berita, Covid-19

Lihat Dokumen