KONSTRUKSI SOSIAL PADA PENGGUNA CADAR DAN CELANA CINGKRANG
- TA Mahasiswa
- Yonas Pratama
- 24071116144
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas yang terdapat di lingkungan sosial tentang eksistensi
yang ditunjukan oleh pengguna cadar dan celana cingkrang di Kabupaten Garut yang semakin
marak. Realitas yang terjadi pada pengguna cadar dan celana cingkrang mereka kerap kali
mendapatkan pandangan dan stigma negatif yang berkaitan dengan radikalisme, terorisme dan
aliran sesat. Selain itu pengguna cadar dan celana cingkrang kerap kali ditakuti kehadirannya di
lingkungan masyarakat. Masalah toleransi juga berkaitan dengan pengguna cadar dan celana
cingkrang, hal ini menunjukan tentang keyakinan yang dipegang teguh oleh pengguna cadar dan
celana cingkrang yang kerap kali menimbulkan pro dan kontra di lingkungan masyarakat.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan dan menjelaskan model komunikasi dari
konstruksi sosial yang ditinjau dari segi Eksternalisasi, Objektivasi dan Internalisasi. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme.
Teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Realitas Sosial menurut Peter L Berger.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta
pengambilan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah informan
sebanyak 5 orang diantaranya 2 orang pengguna cadar dan 3 orang pengguna celana cingkrang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Eksternalisasi pengguna cadar dan celana cingkrang di
Kabupaten Garut timbul dari indikator kesadaran diri, dukungan keluarga, teman, kelompok dan
keyakinan dari keimanan. Kemudian Objektivasi pengguna cadar dan celana cingkrang ditinjau
dari bentuk respon dan opini yang mencakup tanggapan positif, negatif, dan apatis yang
didapatkan dari keluarga, teman masyarakat dan lingkungan yang mereka tinggali. Internalisasi
pengguna cadar dan celana cingkrang ditinjau dari perasaan dan pengalaman dirinya selama
menggunakan cadar dan celana cingkrang.
Kata Kunci: Eksternalisasi, Objektivasi, Internalisasi, Pengguna Cadar dan Celana Cingkrang,
Konstruksi Realitas Sosial
Lihat Dokumen