EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • TA Mahasiswa
  • Hisyam Falhan
  • 24071116112

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, mengetahui, dan menjelaskan bagaimana keterbukaan, empati, dukungan, kesetaraan, dan sikap positif dalam komunikasi interpersonal guru dan siswa SMA Asshidiqiyyah Garut selama satu semester pembelajaran daring.Penelitian ini menggunakan konsep efektivitas komunikasi interpersonal dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan paradigma kontruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelti yaitu wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi non partisipan. Kriteria informan pada penelitian ini adalah dengan memilih 3 informan dari pihak guru dan 3 infoman dari pihak siswa dan 1 narasumber yaitu wakasek kurikulum dari SMA Asshidiqiyyah.Hasil dari penelitian ini dikatakan bahwa kererbukaan dalam komunikasi interpersonal guru dan siswa SMA Asshidiqiyyah selama pembelajaran daring sudah efektif dengan keaktifan siswa nya yang tetap stabil hingga selesai satu semester pembelajaran daring. Untuk empati dalam komunikasi interpersonal guru dan siswa sudah baik dengan adanya siswa dan guru saling sharing satu sama lain terkait pembelajaran daring yang mereka rasa kurang berjalan efektif pada awal pelaksanaan nya. Untuk dukungan dalam komunikasi interpersonal guru dan siswa sudah baik dengan adanya tindakan dari guru memperbolehkan siswa untuk bertanya melalui pesan pribadi ketika ada yang mereka kurang pahami terkait materi atau tugas yang diberikan. Kesetaraan dalam komunikasi interpersonal guru dan siswa sudah baik dengan upaya dari guru dalam mengatasi kesenjangan nilai siswa melalui pemberian tugas kelompok kepada siswa. Mengenai sikap positif dalam komunikasi interpersonal guru dan siswa sudah baik dengan diharuskan nya guru terutama yang menjadi wali kelas untuk memiliki nomor handphone orang tua atau wali siswa sebagai bentuk kerja sama penanganan masalah pembelajaran daring. Kata kunci : efektivitas komunikasi interpersonal, pembelajaran daring, covid-19

Lihat Dokumen