PERAN EO SEHARI BERSAMA COKLAT KITA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN
- TA Mahasiswa
- Lucky Zulfikar
- 24071116040
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT.Djarum
dalam setiap event yang dilaksanakan khususnya di event Sehari Bersama Coklat Kita
berdasarkan Advertising, Public Relations, Direct Marketing, Personal Selling, Sales
Promotions. Serta bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan bagaimana media
komunikasi pemasaran yang dipakai oleh PT.Djarum pada setiap event yang dilaksanakan.
Pada umunya setiap perusahaan mempunyai strategi pemasaran yang di pakai pada event yang
mereka laksanakan entah itu event khusus perusahaan ataupun perusahaan menjadi sponsorship
pada setiap event yang dilaksanakan oleh pihak ke tiga. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah mengetahui media komunikasi komunikasi pemasaran terkait Advertising, Public
Relations, Direct Marketing, Personal Selling, Sales Promotions dalam setiap event yang
dilaksanakan oleh PT.Djarum khusunya di event Sehari Bersama Coklat Kita. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui paradigma kontruktivis. Teknik
pengumpulan data yang di gunakan peneliti yaitu wawancara secara mendalam dan observasi
kepalangan dengan melihat kondisi dan situasi secara langsung di lapangan. Teknik penentuan
informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan memilih 5 informan
serta 2 narasumber yang telah memenuhi kriteria yang di tentukan peneliti. Hasil penelitian ini
dapat diketahui bahwa advertising yang dilakukan pada event sbck yaitu menggunakan media
online (Instagram,Facebook,Website) dan media offline (Baliho,Spanduk,Banner,Billboard
led, mouth to mouth). Dapat diketahui bahwa Public Relations yang dilakukan pada event sbck
yaitu berperan pada pengondisian pra evemt, main event, pasca event. Dapat diketahui bahwa
Direct Marketing yang dilakukan pada event sbck yaitu memakai strategi membangun
hubungan emosinal kepada masyarakat, outlet dan membangun hubungan baik kepada
komunitas binaan. Dapat diketahui bahwa Sales Promotions yang dilakukan pada event sbck
yaitu saling menjawab needs,perbanyak coast,visit,knowledge, penggarapan komunitas binaan.
Dapat diketahui bahwa Personal Selling yang dilakukan pada event sbck yaitu pembuatan
team,pembuatan counter/both,gimik, kupon undian, serta melibatkan masyarakat,komunitas
binaan,spg/spb.
Kata kunci : Event, Komunikasi Pemasaran, Integrad Mareketing Communications
Lihat Dokumen