PERAN EO SEHARI BERSAMA COKLAT KITA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN

  • TA Mahasiswa
  • Lucky Zulfikar
  • 24071116040

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT.Djarum dalam setiap event yang dilaksanakan khususnya di event Sehari Bersama Coklat Kita berdasarkan Advertising, Public Relations, Direct Marketing, Personal Selling, Sales Promotions. Serta bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan bagaimana media komunikasi pemasaran yang dipakai oleh PT.Djarum pada setiap event yang dilaksanakan. Pada umunya setiap perusahaan mempunyai strategi pemasaran yang di pakai pada event yang mereka laksanakan entah itu event khusus perusahaan ataupun perusahaan menjadi sponsorship pada setiap event yang dilaksanakan oleh pihak ke tiga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui media komunikasi komunikasi pemasaran terkait Advertising, Public Relations, Direct Marketing, Personal Selling, Sales Promotions dalam setiap event yang dilaksanakan oleh PT.Djarum khusunya di event Sehari Bersama Coklat Kita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui paradigma kontruktivis. Teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti yaitu wawancara secara mendalam dan observasi kepalangan dengan melihat kondisi dan situasi secara langsung di lapangan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan memilih 5 informan serta 2 narasumber yang telah memenuhi kriteria yang di tentukan peneliti. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa advertising yang dilakukan pada event sbck yaitu menggunakan media online (Instagram,Facebook,Website) dan media offline (Baliho,Spanduk,Banner,Billboard led, mouth to mouth). Dapat diketahui bahwa Public Relations yang dilakukan pada event sbck yaitu berperan pada pengondisian pra evemt, main event, pasca event. Dapat diketahui bahwa Direct Marketing yang dilakukan pada event sbck yaitu memakai strategi membangun hubungan emosinal kepada masyarakat, outlet dan membangun hubungan baik kepada komunitas binaan. Dapat diketahui bahwa Sales Promotions yang dilakukan pada event sbck yaitu saling menjawab needs,perbanyak coast,visit,knowledge, penggarapan komunitas binaan. Dapat diketahui bahwa Personal Selling yang dilakukan pada event sbck yaitu pembuatan team,pembuatan counter/both,gimik, kupon undian, serta melibatkan masyarakat,komunitas binaan,spg/spb. Kata kunci : Event, Komunikasi Pemasaran, Integrad Mareketing Communications

Lihat Dokumen