GAYA KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS STAND UP COMEDY INDO BANDUNG

  • TA Mahasiswa
  • Mohamad Firman Miftahul Salam
  • 2402712089

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana proses komunikasi para comic dan gaya komunikasi Stand Up Comedy yang ingin dikembangkan di komunitas Stand Up Indo Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan paradigma kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi yang ada dalam komunitas (1) Pertama, open mic. Para pelaku Stand Up Comedy atau new comers selalu dimainkan pada tahap pembukaan yang disebut dengan istilah open mic, kedua tahap review, ketiga tahap closing line. (2) Stand Up Indo Bandung merupakan salah satu upaya komunitas dalam menarik perhatian audiens sehingga cerita yang disampaikan tidak membosankan, dan gaya komunikasi yang ingin dikembangkan dalam komunitas ini ada tiga macam yaitu gaya improssionist comedian, physical comedian dan improvisionalist comedian. Gaya komunikasi tersebut merupakan identitas komedian sehingga dengan gaya komunikasi yang dimiliki seorang comic maka akan mempermudah seorang comic dalam menghibur audiens. Kata Kunci: Komunikasi; Gaya; Stand Up Indo Bandung; Comic; Comedy

Lihat Dokumen