GAYA KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS STAND UP COMEDY INDO BANDUNG
- TA Mahasiswa
- Mohamad Firman Miftahul Salam
- 2402712089
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana proses komunikasi para comic dan gaya
komunikasi Stand Up Comedy yang ingin dikembangkan di komunitas Stand Up Indo Bandung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif dan
menggunakan paradigma kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara
mendalam, observasi partisipasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses
komunikasi yang ada dalam komunitas (1) Pertama, open mic. Para pelaku Stand Up Comedy atau
new comers selalu dimainkan pada tahap pembukaan yang disebut dengan istilah open mic, kedua
tahap review, ketiga tahap closing line. (2) Stand Up Indo Bandung merupakan salah satu upaya
komunitas dalam menarik perhatian audiens sehingga cerita yang disampaikan tidak membosankan,
dan gaya komunikasi yang ingin dikembangkan dalam komunitas ini ada tiga macam yaitu gaya
improssionist comedian, physical comedian dan improvisionalist comedian. Gaya komunikasi
tersebut merupakan identitas komedian sehingga dengan gaya komunikasi yang dimiliki seorang
comic maka akan mempermudah seorang comic dalam menghibur audiens.
Kata Kunci: Komunikasi; Gaya; Stand Up Indo Bandung; Comic; Comedy
Lihat Dokumen