PENGARUH AGENDA MEDIA TELEVISI TENTANG TAYANGAN INFORMASI KENAIKAN COVID-19 TERHADAP PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK MASYARAKAT DESA

  • TA Mahasiswa
  • Rima Septiani
  • 24071116061

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan Berita Media Televisi tentang kenaikan jumlah Covid-19terhadap sikap masyarakat Pada Kalangan masyarakat Hegarmanah, Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode empiris dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, karena ada variabel yang akan dijelaskan dan dianalisa seberapa besar pengaruh dari variabel tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner yang telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Penelitian ini dilakukan pada kalangan masyarakat Hegarmanah Garut. dengan jumlah sampel 100 responden. Analisa data statistik menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tanggapan responden, tayangan Berita Media Televisi tentang kenaikan jumlah Covid-19 tergolong dalam kategori baik dan sikap masyarakat tergolong dalam kategori baik. tayangan Berita Media Televisi tentang kenaikan jumlah Covid-19 berpengaruh signifikan terhadap sikap masyarakat. Semakin baik tayangan Berita Media Televisi tentang kenaikan jumlah Covid-19, maka akan semakin baik pula sikap masyarakat. Besarnya pengaruh tayangan Berita Media Televisi tentang kenaikan jumlah Covid-19 terhadap sikap masyarakat adalah sebesar 67,4%. Kata Kunci : Tayangan Berita Media Televisi Tentang Kenaikan Jumlah Covid-19 Dan Sikap Masyarakat.

Lihat Dokumen