PENGARUH PENGGUNAAN CLICKBAIT HEADLINE BERITA TERHADAP PERSEPSI PEMBACA

  • TA Mahasiswa
  • Kenny Adam Gunawan
  • 24071116095

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya pemberitaan di berbagai media online yang mempunyai peran penting bagi masyarakat dalam memperoleh informasi secara aktual dan faktual. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan Clickbait Headline Berita Terhadap Persepsi Pembaca pada Kalangan Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan termasuk dalam paradigma positivisme. Teori yang digunakan adalah Teori Agenda Setting (Agenda Setting Theory) dari Lippman, 1965. Teknik pengumpulan data utama yaitu kuesioner dan studi pustaka. Penelitian ini melibatkan 100 orang responden yang merupakan mahasiswa aktif di Institut Pendidikan Indonesia Garut. Responden diambil menggunakan teknik Probabillity Sampling dengan kategori Sample Random Sampling. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tanggapan responden penggunaan clickbait headline berita tergolong dalam kategori baik dan persepsi pembaca tergolong dalam kategori baik. Penggunaan clickbait headline berita berpengaruh signifikan terhadap persepsi pembaca. Semakin baik penggunaan clickbait headline berita, maka akan semakin tinggi pula persepsi pembaca. Besarnya pengaruh penggunaan clickbait headline berita terhadap persepsi pembaca adalah sebesar 71,4%. Kata Kunci : Agenda Setting, Kuantitatif, Media Online, Headline Berita, Clickbait, Persepsi Pembaca

Lihat Dokumen