Pengaruh Manajemen Boarding School Kepesantrenan Dan Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Perilaku Islami Siswa (Penelitian Di Mts Al Quran Kudang Limbangan –Garut)

  • TA Mahasiswa
  • Hanhan Satibi
  • 24092116039 - Magister Manajemen Pendidikan Islam

Abstrak

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam bidang pendidikan khususnya di madrasah adalah bahwa perilaku Islami siswa belum sepenuhnya sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan as-Sunnah, banyak faktor yang menjadi penyebabnya diduga antara lain karena kinerja guru belum optimal, komunikasi guru yang masih rendah serta kurang efektifnya manajemen Boarding School Kepesantrenan . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh manajemen boarding school kepesantrenan dan komunikasi guru dengan orang tua siswa terhadap kinerja guru dalam mewujudkan perilaku islami siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen boarding school kepesantrenan dan komunikasi guru dengan orangtua siswa (X) berpengaruh positif terhadap kinerja guru (Y) dalam mewujudkan prilaku islami siswa (Z) maka dilakukan pengujian diperoleh nilai Fhitung sebesar 9,4067 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 1,645.Signifikansi nilai hasil pengujian di atas, didukung pula oleh nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,4667 dan menunjukkan besarnya kontribusi variabel manajemen boarding school kepesantrenan dan komunikasi guru dengan orangtua siswa terhadap kinerja guru (Y) dalam mewujudkan prilaku islami siswa(Z)sebesar 46,67 %. Hasil pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa manajemen Boarding School Kepesantrenan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. manajemen boarding school kepesantrenan tidak berpengaruh terhadap perilaku islami siswa di madrasah. komunikasi guru dengan orangtua siswa memiliki tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. komunikasi guru dengan orangtua siswa tidak berpengaruh terhadap perilaku islami siswa di madrasah. kinerja guru memiliki berpengaruh terhadap perilaku islami siswa di madrasah. dan terdapat korelasi antara manajemen boarding school kepesantrenan dengan komunikasi guru dengan orangtua siswa. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut disarankan untuk mengadakan rapat, pembinaan,membuat kesepakatan aturan dengan oramgtua siswa

Lihat Dokumen