Analisis Perbandingan Pembelian Offline Shop dan Pembelian Online Shop Pada Konsumen di Kabupaten Garut

  • TA Mahasiswa
  • Rella Kresna Nur Kusmira
  • 24023115415 - S1 Manajemen

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah melihat dari kondisi perekonomian di Indonesia yang semakin meningkat termasuk dalam sektor persaingan antara perusahaan offline dan online dalam mengembangkan perusahaannya dengan cara yang efektif dan seefisien mungkin, Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pembelian offline shop dan pembelian online shop pada konsumen di Kabupaten Garut (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan antara pembelian offline shop dan online shop pada konsumen di Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasinya yaitu konsumen yang pernah berbelanja secara offline dan online, dengan menggunakan teknik sampel yang terpilih yaitu accidental sampling yang selanjutnya terkumpulah sampel sebanyak 100 orang responden dengan data hasil kuesioner dalam skala likert menggunakan google form dan disebarkan melalui media online (WA, Instagram dll) yang kemudian diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, setelah itu dianalisis menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test (uji beda rata-rata) dengan aplikasi SPSS v. 22. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan antara pembelian offline shop dan online shop pada konsumen di Kabupaten Garut, hipotesis tersebut dibuktikan dengan nilai P-value Independent sample t-test < 0,05 . Hal ini terjadi karena konsumen memiliki perbedaan selera atau minat beli dalam pembelian offline maupun online menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen Kata Kunci : Offline shop, Online Shop,

Lihat Dokumen