Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Angkutan pada KPM Trans Garut

  • TA Mahasiswa
  • Dida Radita Bararah
  • 24023215522 - S1 Manajemen

Abstrak

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada KPM Trans. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Penarikan sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan sampel sebanyak 96 responden. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dan analisis regresi sederhana. Lokasi penelitian ini diselenggarakan di kantor KPM Trans Garut, responden didominasi oleh laki-laki dengan rentang usia 26 sampai 30 tahun. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada jasa angkutan KPM Trans Garut. Skor tertinggi pada variabel kepuasan pelanggan adalah sebesar 4,05 pada item 7 yaitu “Keluhan Pelanggan Langsung Ditanggapi Dengan Baik”, dan skor terendah sebesar 3,66 pada item 8 yaitu “KPM Trans selalu bisa memberikan solusi terbaik terhadap keluhan pelanggan”. Skor tertinggi pada variabel kepuasan pelanggan sebesar 3,91 yaitu “Pelanggan Melakukan Pembelian Jasa Secara Berulang Pada KPM Trans Garut” dan skor terendah sebesar 3,63 yaitu “Pelanggan Merekomendasikan KPM Trans Garut kepada orang lain”. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, KPM Trans

Lihat Dokumen