Impression Management Pengguna Media Sosial Instagram

  • TA Mahasiswa
  • Mustofa Abror
  • 24023115339 - S1 Manajemen

Abstrak

Impression management merupakan hal yang umum dilakukan oleh orang-orang, apalagi di masa sekarang yang lagi maraknya penggunaan media sosial khususnya instagram yang makin memudahkan karena didukung oleh fitur-fitur menarik seperti hashtag, like dan stories. Impression management bisa dilakukan oleh siapa saja, apalagi untuk seorang menteri seperti Wishnutama Kusubandio yang mempunyai pengaruh di masyarakat, tentu hal ini merupakan sesuatu hal yang harus perhatikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Impression Management Pengguna Media Sosial Instagram, dan objek dari penelitian ini merupakan seseorang yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam akun Instagramnya @wishnutama. Metode analisis isi kualitatif deskriptif dipakai ataupun digunakan untuk menganalisis 44 unggahan foto pada akun instagram Wishnutama Kusubandio, dimana merupakan unggahan dua bulan masa awal pengangkatan Wishnutama Kusubandio sebagai seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dimana hal ini merupakan masa yang paling tepat untuk menunjukan ataupun melakukan Impression management yang dilakukannya. Dalam penelitian ini menemukan dari kelima taktik Impression Management yang dilakukan Wishnutama Kusubandio di akun media sosial instagramnya hanya menggunakan tiga taktik Impression Management yaitu Ingratiation, Self Promotion, dan Exemplification. Sedangkan taktik yang sering atau banyak dipakai adalah Ingratiation dan Self Promotion, yang mana kedua taktik tersebut akan membuat dirinya terlihat sebagai seseorang yang baik hati, menarik dan kompeten. Kata Kunci : Impression management, Instagram, Wishnutama Kusubandio

Lihat Dokumen