Analisis Faktor-Faktor Yang Mendorong Kepuasan Pengguna Internet Banking Pada Nasabah Bank Bri Kantor Cabang Garut

  • TA Mahasiswa
  • Emi Nurhaeni
  • 24023215506 - S1 Manajemen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong kepuasan pengguna Internet banking pada nasabah Bank BRI Kantor Cabang Garut. Penelitian dilakukan terhadap pengguna Internet Banking BRI yang berjumlah 97 responden dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis faktor. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat 3 faktor baru yaitu faktor kemudahan yang dibentuk oleh internet banking BRI logout sendiri sehingga tidak perlu diawasi setiap waktu, kemudian fitur layanan yang lengkap, selanjutnya tidak dikenakan tarif bagi pengguna internet banking BRI, dan mudah digunakan. Faktor desain dan keamanan dibentuk oleh desain yang menarik pada layanan internet banking BRI, tingkat keamanan yang baik, dan mempercepat transaksi nasabah. Dan faktor efektif dan efisien dibentuk oleh informasi yang jelas, kemudahan pengguna ketika login, dan pengguna internet banking BRI dapat menghemat waktu dan tenaga. Maka dari itu, untuk meningkatkan kepuasan pengguna internet banking pada nasabah Bank BRI Kantor Cabang Garut Bagi pihak bank disarankan agar dapat meningkatkan kualitas layanan Internet Banking. Kata Kunci: Analisis Faktor, Internet Banking, Kepuasan Konsumen

Lihat Dokumen