Analisis Positioning Produk Permen berdasarkan Persepsi Konsumen

  • TA Mahasiswa
  • Silvi Fatonah Mustika Anzani
  • 24023115205 - S1 Manajemen

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya bermunculam produk premen di Indonesia karena pangsa pasar permen yang berpotensi untuk diekspor ke negara lain. Akibat banyaknya produk permen maka perlu diketahui bagaimana positioning produk permen berdasarkan persepsi konsumen. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning produk permen berdasarkan persepsi konsumen di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen permen di Kabupaten Garut yang berusia 17 tahun sampai >35 tahun dengan teknik pengambilan sampling menggunakan unknown population sehingga diperoleh sebanyak 96 konsumen permen Kopiko, Crystal Fox, Nano Nano Candy, Chupa Chups, dan Kis. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan observasi, penelitian lapangan, dan penelitian kepustakaan, kemudian data dianalisis menggunakan metode multidimensional scaling (MDS). Hasil penelitian yang diperoleh adalah berdasarkan atribut harga Chupa Chups dan Kis memiliki kemiripan, kemudian Nano Nano Candy dan Crystal Fox memiliki kemiripan pada atribut Trend dan Kemasan, selanjutnya Kopiko dan Crystal Fox memiliki kemiripan pada atribut komposisi produk, dan pada atribut tekstur produk yang memiliki kemiripan yakni Nano Nano Candy dan Kis. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seluruh produk memiliki direct competitor berdasarkan pada atribut produk yang digunakan dan produk yang memiliki keunggulan pada atribut harga, trend, kemasan, dan tekstur produk adalah Nano Nano Candy. Maka dari itu, diperlukan diferensiasi produk seperti membuat permen yang berbahan dasar brown sugar untuk mengikuti trend industri makanan yang kini tengah menggandrungi rasa brown sugar. Kata Kunci: Positioning, Permen, Persepsi Konsumen, Multidmensional Scalling

Lihat Dokumen