The Effectiveness of Whatsapp-Based Online Learning in Class Students IV SD Negeri Babakandesa


  • Jurnal Nasional Terakreditasi
  • Ejen Jenal Mutaqin, Neni Nadiroti Muslihah, Nizar Alam Hamdani, Sifa Nurfalah
  • SHEs: Conference Series 4 (1) (2021) 117 – 122 p-ISSN 2620-9284 e-ISSN 2620-9292

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas pembelajaran daring berbasis whatsapp pada siswa kelas IV SD Negeri Babakandesa dan kendala yang dialami dalam proses pembelajaran daring berbasis whatsapp pada siswa kelas IV SD Negeri Babakandesa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan keefektifan pembelajaran daring berbasis whatsapp dilihat dari 4 aspek dengan hasil perhitungan presentase menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran (39%) dengan kriteria lemah, tingkat pembelajaran (38%) dengan kriteria lemah, intensif (48%) dengan kriteria cukup serta waktu (58%) dengan kriteria cukup. Secara keseluruhan pembelajaran daring berbasis whatsapp yang dilakukan di SD Negeri Babakandesa dinilai masih kurang efektif. Terlihat dari masih banyaknya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajarannya seperti adanya keterbatasan kuota internet, jaringan internet yang kurang stabil serta kesulitan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru melalui aplikasi whatsapp.

Lihat Dokumen